Dahlan Sarankan Merpati Tiru Strategi ReIndo

Dahlan Sarankan Merpati Tiru Strategi ReIndo
Dahlan Sarankan Merpati Tiru Strategi ReIndo

jpnn.com - JAKARTA - Keberhasilan PT Reasuransi Indonesia (ReIndo) menyelamatkan induk perusahaannya, yakni PT Asuransi Umum Indonesia dari lilitan utang perseroan, bisa diterapkan untuk menyelamatkan PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) dari kebangkrutan.

Karenanya, Menteri BUMN Dahlan Iskan lantas menyarankan agar PT Merpati meniru pola penyelamatan yang dilakukan PT Asuransi Umum Indonesia dengan membentuk anak usaha.

"Pada dasarnya ReIndo ingin melunasi utang induknya PT RUI ke Kemenkeu, model ReIndo inilah yang akan kita pakai untuk menyelamatkan Merpati. RUI punya utang besar ke pemerintah, lalu dibentuk anak perusahaan yang bersih, yang tidak punya tanggungan. Sekarang mengembalikan utang sudah mampu tinggal tunggu prosedurnya," papar Dahlan di Jakarta, Kamis (17/4).

Melihat keberhasilan Reindo, mantan Dirut PLN ini optimistis Merpati bisa diselamatkan. Meski diakuinya Merpati akan menemui banyak hambatan, namun setidaknya maskapai pelat merah itu sudah mencobanya.

"Pola yang akan kita pakai menyelamatkan Merpati itu sudah terbukti di ReIndo ini. Siapa tahu kelak anak usaha itu bisa berkembang dengan baik," harapnya.

Namun rencana meniru skema penyelamatan itu nampaknya masih butuh waktu, sebab Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum memberikan lampu hijau pada Merpati terkait kerjasama operasional (KSO) yang sudah disusun oleh PT PPA.(chi/jpnn)


JAKARTA - Keberhasilan PT Reasuransi Indonesia (ReIndo) menyelamatkan induk perusahaannya, yakni PT Asuransi Umum Indonesia dari lilitan utang perseroan,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News