Bapak-Anak Lolos jadi Anggota Dewan

Bapak-Anak Lolos jadi Anggota Dewan
Bapak-Anak Lolos jadi Anggota Dewan

jpnn.com - KARAWANG - Tahapan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) di Karawang sudah kelar. Berdasarkan hasil rekapitulasi jumlah suara Pileg 2014,  perolehan jumlah kursi DPRD Kabupaten Karawang adalah, Partai Nasdem sebanyak 3 kursi dengan presentase seluruh suara sebanyak 5,23 persen.

Sedangkan PKB harus puas mendapat 5 kursi dari target 8 kursi dengan presentase seluruh suara 8,78 persen.

Kemudian PKS dapat 3 kursi dengan presentase 6,23 persen. PDIP memperoleh 9 kursi dengan presentase seluruh suara 17,72 persen, Partai Golkar mendapat 8 kursi dengan presentase seluruh suara sebanyak 17,46 persen. Partai Gerindra memperoleh 7 kursi dengan presentase 14,54 persen, Partai Demokrat mendapat 6 kursi dengan presentase 8,94 persen.

Selain itu,  pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang juga menghitung perolehan suara PAN yang mengalami peningkatan dengan mampu meraih 3 kursi dari semula hanya 1 kursi dengan presentase seluruh suara sebanyak 5,42 persen, PPP dapat 2 kursi dengan presentase 4,41 persen, kemudian Partai Hanura yang hanya mampu meraih 2 kursi.  

PBB harus rela kehilangan satu kursi dari pemilu yang lalu, karena pemilu kali ini hanya mampu meraih 2 kursi di Dapil III dan Dapil IV dengan presentase 4,89 persen. Sedangkan PKPI belum mendapat jatah kursi dengan presentase seluruh suara 1,16 persen.

Sehingga, jumlah anggota DPRD Kabupaten Karawang hasil Pileg 2014 ini sebanyak 50 orang dari 12 partai peserta pemilihan umum. Anggota dewan terpilih terbanyak yaitu di Daerah Pemilihan (Dapil) I sebanyak 12 orang, kemudian Dapil II terpilih 6 orang, Dapil III sebanyak 8 orang, Dapil IV sebanyak 8 orang, Dapil V sebanyak 9 orang dan Dapil VI terpilih 7 orang wakil rakyat.

Asep Sugiharto, Komisioner KPU Kabupaten Karawang mengatakan, pleno KPU berlangsung dengan aman dan lancar, kendati memang ada beberapa interupsi yang dilakukan oleh beberapa saksi partai tetapi semua relatif berlangsung dengan kondusif.

"Alhamdulillah semua berjalan dengan baik," katanya ketika ditemui di Sekretariat KPU Sementara di Islamic Center.

KARAWANG - Tahapan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) di Karawang sudah kelar. Berdasarkan hasil rekapitulasi jumlah suara Pileg 2014,  perolehan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News