Pelajaran Berharga Modi untuk Indonesia

Pelajaran Berharga Modi untuk Indonesia
Pelajaran Berharga Modi untuk Indonesia

Pelajaran Berharga Modi untuk IndonesiaRAKYAT Indonesia yang bertanya-tanya tentang hasil pemilu presiden mereka nanti, wajar melihat ke poros utara, yaitu India.

Kemenangan Narendra Modi sebagai perdana menteri- hasil yang tidak terpikirkan sejak setahun lalu hingga saat ini – akan mengubah Asia, dan bahkan politik dunia. Pria berusia 63 tahun ini akan memimpin negara dengan 1, 2 miliar warga.

Koalisi Bharatiya Janata Party (BJP) milik Modi memenangkan 336 kursi dari 543 kursi 'lower house' parlemen, Lok Shaba di India.

Baca Juga:

Pada saat yang sama, BJP sendiri mendapat suara mayoritas dengan 282 kursi. Ini adalah hasil yang mencengangkan, melihat betapa kompleks dan beraneka ragamnya demografis penduduk India.

Kejadian serupa adalah tiga puluh empat tahun lalu di 1984 (selepas pembunuhan mengejutkan Indira Ghandi).

Apapun kasusnya, adalah prestasi luar biasa bagi seorang mantan penjual teh keliling yang kemudian menjadi Ketua Menteri Gujarat. Meskipun, kaum sekularis dan minoritas agama masih menyimpan curiga terhadap peran Modi dalam kerusuhan berdarah anti-Muslim Gujarat tahun 2002.

Namun Modi mampu menyelesaikan persoalan ini dan bagaimana dia bertindak telah memberikan banyak pelajaran berharga bagi para politisi dimanapun.

Pertama: Ini benar-benar persoalan ekonomi.

RAKYAT Indonesia yang bertanya-tanya tentang hasil pemilu presiden mereka nanti, wajar melihat ke poros utara, yaitu India. Kemenangan Narendra Modi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News