Lagi Pesta Bujang, Malah Temukan Fosil Berusia 10 Juta Tahun

Lagi Pesta Bujang, Malah Temukan Fosil Berusia 10 Juta Tahun
Sekelompok bujangan di New Mexico Amerika Serikat, pose bareng usai menemukan fosil yang diperkirakan berusia hingga 10 juta tahun. Getty images

jpnn.com - ALBUQUERQUE- Sebuah tengkorak binatang purba (mastodon) ditemukan oleh sekelompok orang yang sedang menggelar Pesta Bujang di Elephant Butte State Park, sekitar 155 mil selatan dari Albuquerque, New Mexico, Jumat (13/6).

Peserta pesta tersebut menemukan fosik tengkorak itu lengkap dengan taringnya terkubur di dalam pasir.

Setelah sadar hal yang ditemukannya kemungkinan besar merupakan bagian sejarah, Kelompok Bujangan itu kemudian menghubungi New Mexico Museum of Natural History and Science.

Menurut pihak museum, penemuan tersebut diprediksi awal berusia 10 juta tahun, dan bisa memakan waktu enam bulan untuk membersihkannya.

Gary Morgan, kurator museum itu memimpin tim menggali fosil, yang dimakamkan di sekitar empat kaki (1,2 meter) dari danau lumpur.

Setelah muncul di permukaan, fosil tersebut diketahui berukuran sekitar 1,5 x 1 meter dengan berat lebih dari 450 kg. "Temuan mastodon ini lebih tua daripada mammoth berbulu yang hidup di bumi pada zaman es. Ia mungkin mati di atas pasir di Sungai Rio Grande," kata Morgan.

"Saya sudah ada di sini selama 20 tahun dan belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya," ucapnya.

Mastodon adalah kerabat gajah yang berdiri 10 kaki (3 meter) dan bermigrasi ke Amerika Utara sekitar 15 juta tahun yang lalu.

ALBUQUERQUE- Sebuah tengkorak binatang purba (mastodon) ditemukan oleh sekelompok orang yang sedang menggelar Pesta Bujang di Elephant Butte State

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News