Kemendikbud Tidak Umumkan Hasil US

Kemendikbud Tidak Umumkan Hasil US
Kemendikbud Tidak Umumkan Hasil US

jpnn.com - JAKARTA - Pekan ini masuk tahap finalisasi hasil ujian sekolah (US) SD/MI. Rencananya akhir pekan ini sekolah mengumumkan kelulusan US SD/MI. Meskipun hampir pasti seluruh peserta ujian lulus, para siswa tetap menunggu hasil ujiannya.

Direktur Pembinaan SD Ditjen Pendidikan Dasar Kemendikbud Ibrahim Bafadal mengatakan, perlakuan terhadap US SD/MI dan Unas SMP serta SMA berbeda.

"Kalau hasil unas SMA dan SMP diolah terpusat di Kemendikbud, sedangkan US tidak. Pengolahan hingga penetapan kelulusan dilakukan di kabupaten atau kota," katanya kemarin.
 
Bafadal mengatakan pada prinsipnya US SD/MI ini memiliki peran sebagai ujian akhir jenjang pendidikan SD. Dia berharap hasil US SD/MI dipakai pertimbangan untuk seleksi siswa baru jenjang SMP. Sehingga sekolah tidak perlu lagi repot-repot malakukan tes tulis atau sejenisnya.
 
Dia mengatakan pelaksanaan US SD/MI mulai dari awal hingga penetapan kelulusan berjalan dengan lancar. Dia mengatakan tim dari Kemendikbud melakukan pemantauan langsung ke seluruh provinsi untuk melakukan pendampingan. "Alhamdulillah US bisa berjalan dengan serentak di seluruh Indonesia," paparnya.
 
Evaluasi lainnya adalah tentang komposisi soal ujian. Dia mengatakan 25 persen butir soal ujian dibuat oleh Kemendikbud. Sisanya sebanyak 75 persen butir soal ujian dibuat dinas pendidikan provinsi dengan melibatkan jajaran di kabupaten dan kota setempat.

Bafadal mengatakan pembuatan 75 persen butir soal yang dibuat pemda itu, tetap mengacu pada kisi-kisi soal buatan Kemendikbud.
 
Bafadal mengatakan sinkronisasi pembuatan soal ujian dari pusat dengan daerah sudah berjalan dengan bagus. Dia mengatakan tidak menutup kemungkinan pada US tahun depan, komposisi persentase soal itu berubah. Persentase soal ujian yang dibuat oleh Kemendikbud, bisa ditingkatkan di atas 25 persen.
 
Ia mengatakan US SD/MI sudah dilimpahkan ke pemda. Tetapi Kemendikbud tetap berharap US SD/MI itu memiliki unsur nasional. Sehingga bisa dipakai untuk pemetaan kualitas SD/MI di seluruh Indonesia.
 
"Sekarang bagaimana memetakannya, yaitu dengan melihat hasil siswa menjawab butir soal dari pusat," paparnya. Dia mengatakan sampai saat ini Kemendikbud belum memperoleh laporan hasil US SD/MI dari daerah. (wan)


JAKARTA - Pekan ini masuk tahap finalisasi hasil ujian sekolah (US) SD/MI. Rencananya akhir pekan ini sekolah mengumumkan kelulusan US SD/MI. Meskipun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News