Buaya Sering Nongol, Nelayan Takut

Buaya Sering Nongol, Nelayan Takut
Buaya Sering Nongol, Nelayan Takut

jpnn.com - RANTAU KOPAR - Warga di kepenghuluan Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir, Riau,  terutama yang bekerja sebagai nelayan dibuat resah dengan kerap munculnya buaya liar di alur sungai tersebut.

Menurut seorang nelayan setempat, Ariadi (27) keberadaan buaya di sungai semakin kerap kelihatan dalam beberapa bulan terakhir ini.  

"Jumlahnya cukup banyak dan mengejar pula saat kita lewat di depanya (bersampan)," kata Ariadi (27) Selasa (5/8).

Menurutnya, memang para buaya itu tidak pernah memangsa para nelayan saat tengah mencari ikan. "Tapi, tetap saja kita merasa takut saat melihatnya," katanya.

Ia mengatakan, bersama para nelayan lainya tidak sanggup mencari ikan pada malam hari. "Kalau malam kan tidak nampak kalau buaya itu ada dekat kita, kalau siang kan nampak dan kita bisa memacu sampan kita jauh dari buaya itu," tuturnya.

Hal ini juga disampaikan nelayan lainnya, Martunus (37). Diceritakanya, bahwa ketika ia melintas di daerah yang disebut Simpang Tiga yang biasanya sebagai tempat nelayan mencari ikan, beberapa buaya tampak berjemur di pinggir sungai.

"Tentunya dengan begitu membuat kami kami kurang tenang dan nyaman saat mencari ikan di perairan Sungai Rokan ini," bebernya.

Untuk itu, kata Martunus, sebelum adanya korban jiwa maka ia bersama rekanya yang lain meminta pihak terkait untuk mencari solusinya. "Misalnya, menangkap buaya-buaya itu dan diamankan di satu tempat yang mungkin tidak meresahkan bagi masyarakat," katanya.

RANTAU KOPAR - Warga di kepenghuluan Rantau Kopar, Kabupaten Rokan Hilir, Riau,  terutama yang bekerja sebagai nelayan dibuat resah dengan kerap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News