Butuh Enam Bulan Kendalikan Penyebaran Ebola

Butuh Enam Bulan Kendalikan Penyebaran Ebola
Butuh Enam Bulan Kendalikan Penyebaran Ebola. Getty Images

jpnn.com - Wabah Ebola yang marak menyebar di Afrika Barat memerlukan waktu setidaknya enam bulan agar dapat dikendalikan.

Berbicara di Jenewa, Presiden badan amal medis Medecins Sans Frontieres (MSF) Joanne Lui menyebut perlu ada kepemimpinan yang lebih besar dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Lui menyebut, indikator pengendalian Ebola adalah bila wabah itu bisa ditangani di Liberia. Pasalnya negara itu merupakan wilayah terparah yang terkena wabah dengan catatan kasus lebih dari 300 kematian.

"Bila kita tidak bisa menstabilkan Liberia, maka kita tidak akan pernah bisa menstabilkan kawasan," kala Liu dikutip BBC.

Untuk menangani hal itu, ia memperkirakan membutuhkan waktu setidaknya enam bulan.

Perlu diketahui, wabah yang mulai menyebar dari Guinea pada Februari lalu itu kemudian menyebarke Liberia, Sierra Leone, dan Nigeria. Hingga saat ini tercatat ada sekitar 1.068 orang tewas akibat wabah yang belum ditemukan obatnya itu. (mel/rmo/jpnn)


Wabah Ebola yang marak menyebar di Afrika Barat memerlukan waktu setidaknya enam bulan agar dapat dikendalikan. Berbicara di Jenewa, Presiden badan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News