Perusahaan Investasi Jepang Caplok Bank Mutiara

J Trust Dibebaskan dari Aturan Pembatasan Kepemilikan Asing

Perusahaan Investasi Jepang Caplok Bank Mutiara
Perusahaan Investasi Jepang Caplok Bank Mutiara

jpnn.com - JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menetapkan J Trust Co Ltd, perusahaan investasi asal Jepang, sebagai satu-satunya calon pembeli PT Bank Mutiara Tbk yang layak mengikuti tahap fit and proper test oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

Jika lembaga pengatur dan pengawas lembaga keuangan tersebut menyatakan lulus, J Trust akan memiliki secara penuh saham eks Bank Century tersebut.

Sekretaris Lembaga LPS Samsu Adi Nugroho mengatakan, investor yang layak mengikuti fit and proper test atau proses uji kelayakan dan kepatutan di OJK memang hanya satu. "J Trust kami tetapkan sebagai kandidat untuk mengikutinya," katanya kepada Jawa Pos, kemarin (14/9).

Baik LPS (sebagai pemegang saham saat ini) maupun J Trust belum mengungkap nilai transaksi bank yang pada 21 November 2008 diambilalih pemerintah dari Robert Tantular, Rafat Ali Rizvi, dan Hesham Al-Warraq karena krisis tersebut. Pengungkapan detail transaksi akan dilakukan pasca keputusan dari OJK.

Berdasarkan jadwal indikatif penjualan saham Bank Mutiara, pada pekan ketiga September tahun ini harus sudah dilakukan penandatanganan kesepakatan conditional sale and purchase agreement (CSPA) atau perjanjian jual beli bersyarat sekaligus pembayaran pertama investor ke escrow account. Kemudian, diikuti dengan penetapan investor pemenang. "Sesuai kesepakatan dengan calon investor, akan kami informasikan kemudian," ujarnya.

Sejak Maret 2014, LPS kembali membuka penawaran terakhir penjualan saham Bank Mutiara. Saat ini, bank yang 99,996 persen sahamnya dimiliki LPS itu, masuk pada limit akhir tahun penjualan.

Sesuai undang-undang LPS, pada batas terakhir tahun penawaran, Bank Mutiara bisa dijual sesuai dengan harga pasar. Dengan demikian, harganya bisa tidak sama dengan biaya penyelamatan yang mencapai Rp 8 triliun.

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menetapkan J Trust Co Ltd, perusahaan investasi asal Jepang, sebagai satu-satunya calon pembeli PT Bank

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News