Hasil Awal Referendum Skotlandia, Mayoritas Memilih Tidak

Hasil Awal Referendum Skotlandia, Mayoritas Memilih Tidak
Sejumlah warga di London berdemonstrasi menyuarakan dukungan agar Skotlandia tetap bersama Inggris Raya. Foto: Cyrill Villemain/AFP

jpnn.com - EDINBURGH - Sejumlah wilayah di Skotlandia sudah menyelesaikan penghitungan suara referendum. Hasilnya, mayoritas pemilih masih ingin Skotlandia menjadi bagian Inggris Raya.

Sementara ini, baru 9 dari 32 distrik yang menyelesaikan penghitungan. Jumlah suara yang masuk sendiri sudah lebih dari 483 ribu, dengan 50,95% diantaranya memilih "Tidak". 

Referendum Skotlandia dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan "Apakah Skotlandia harus menjadi negara merdeka?". Pemilih pun cukup menjawab dengan "Ya" atau "Tidak".

Jika jawaban "Ya" yang dipilih, maka Skotlandia akan menjadi negara dengan pemerintahan sendiri, terpisah dari Inggris Raya. Tapi jika "Tidak", perkawinan berusia tiga abad dengan Inggris Raya tetap berlanjut.

Pemilihan sendiri berlangsung kemarin, Kamis (18/9) mulai pukul 07.00-22.00 waktu setempat. Tercatat 84,66% dari 4,2 juta pemilih terdaftar memberikan suara mereka dalam pesta demokrasi ini. (bbc/usatoday/dil/jpnn)


EDINBURGH - Sejumlah wilayah di Skotlandia sudah menyelesaikan penghitungan suara referendum. Hasilnya, mayoritas pemilih masih ingin Skotlandia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News