Indonesia Rebut Emas Malaysia

Atlet Wushu Negeri Jiran Terlibat Kasus Doping

Indonesia Rebut Emas Malaysia
Atlet wushu Indonesia, Juwita Niza Wasni (kiri), Tai Cheau Xuen dan Hong Wei, usai pengalungan medali. Foto: Bay Ismoyo/AFP

jpnn.com - INCHEON - Medali emas Indonesia bertambah dari cabang wushu. Juwita Niza Wasni, tak perlu berkeringat karena mendapat 'durian runtuh' usai pewushu Malaysia, Tai Cheau Xuen dinyatakan positif doping.

Xuen sebelumnya menyabet kepingan emas di nomor Nanquan dan Nando putri dalam perlombaan pada Sabtu (20/9) lalu. Di peringkat kedua ditempati Juwita, sementara tempat ketiga diraih atlet Tiongkok, Hong Wei.

Nah usai perlombaan, seluruh atlet melakoni tes doping dan hasilnya ditemukan ada kejanggalan di urine. Mengutip dari Reuters, Selasa (30/9), Dewan Olimpiade Asia (OCA) menjelaskan jika urine Xuen mengandung sibutramine. Pengumuman sempat tertunda lantaran Komite Olimpiade Malaysia melakukan pemeriksaan sendiri dengan meminta sample B dan hasilnya tetap positif doping.

"Atlet yang bersangkutan sudah didiskualifikasi dari Asian Games dan medali emas dibatalkan," tulis OCA.

Dengan hasil tersebut, maka atlet wushu Indonesia yang sebelumnya meraih perak, Juwita Niza Wasni mendapatkan emas. Sedangkan atlet Tiongkok, Hong Wei berhak atas perak. 

Dengan hasil ini, berarti Indonesia sudah meraih empat medali emas. Namun hingga pukul 23.00 WIB, perolehan medali emas Indonesia yang dicatat situs Asian Games 2014(incheon2014ag.org) masih 3 keping emas. Di laman tersebut hingga kini juga belum merilis kasus doping atlet Malaysia ini. (adk/jpnn)


INCHEON - Medali emas Indonesia bertambah dari cabang wushu. Juwita Niza Wasni, tak perlu berkeringat karena mendapat 'durian runtuh' usai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News