Ribuan Ikan Mati di Pangkep

Ribuan Ikan Mati di Pangkep
Ribuan Ikan Mati di Pangkep

jpnn.com - PANGKEP - Ribuan ikan dan biota laut lainnya ditemukan mengapung di sepanjang aliran Sungai Pangkajene, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep, Sabtu siang, 8 November. Kondisinya mati dan bengkak pada bagian perut. Sebagian membusuk.

Pantauan FAJAR, biota yang ditemukan mati itu jenisnya beragam. Mulai dari organisme yang hidup di air laut, air tawar, hingga air payau. Di antaranya ikan kakap, baronang, mujair, bandeng, kepiting, dan udang. Ukurannya juga bervariasi. Mulai dari yang besarnya seukuran ibu jari orang dewasa hingga telapak tangan.

Kejadian ini menggemparkan warga Kelurahan Jagong dan Tekolabbu yang berada di sekitar aliran sungai. Dugaan-dugaan pun menyeruak. Pasalnya ini adalah kejadian pertama yang terjadi di wilayah muara sungai.

Seorang warga, Najamuddin, mengaku heran melihat banyak ikan yang mengambang. Kejadiannya mulai siang hari. Dia memanggil warga lainnya. Seketika warga beramai-ramai  mengambil ikan-ikan tersebut.
"Kalau saya hanya mau lihat saja. Tidak untuk saya konsumsi. Tetapi tidak tahu mi warga lainnya. Katanya ikan besar yang pingsan mau dimakan," jelasnya.

Warga lainnya, Subhan, mengaku tidak melihat tanda-tanda pencemaran juga tidak ditemukan. Kalaupun ada pencemaran, paling dekat dari sungai hanya tempat penjualan bahan bakar minyak.
Subhan menduga, bisa saja akibat pengeboman ikan yang terjadi di tengah laut, karena ada suara ledakan di tengah laut. Sedangkan warga lainnya, Basri, heran dengan perstiwa tersebut.

"Kita tidak tahu apa yang terjadi. Kita tadinya mau makan itu ikan, tetapi takut. Nanti beracun karena sudah busuk dan perutnya bengkak," tuturnya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pangkep, Natsir Sulaiman, memperkirakan biota sungai yang mati itu sekira 2.000 ekor. Untuk sementara dia beranggapan bahwa ikan-ikan ini mati akibat memakan plankton beracun.

"Kondisi cuaca saat ini sangat panas. Dengan begitu, plankton-plankton beracun dapat berkembang biak dengan cepat. Saya khawatir, ikan-ikan yang mati ini mati karena memakan plankton tersebut. Apalagi air sungai kan payau karena bermuara ke laut,"  imbuhnya.

PANGKEP - Ribuan ikan dan biota laut lainnya ditemukan mengapung di sepanjang aliran Sungai Pangkajene, Kecamatan Pangkajene, Kabupaten Pangkep,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News