Soal Jaksa Agung Baru, Rohaniawan Anggap Jokowi Lupakan Revolusi Mental

Soal Jaksa Agung Baru, Rohaniawan Anggap Jokowi Lupakan Revolusi Mental
Soal Jaksa Agung Baru, Rohaniawan Anggap Jokowi Lupakan Revolusi Mental

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo hingga saat ini masih panen kritik akibat memilih HM. Prasetyo sebagai Jaksa Agung baru. Dengan pemilihan yang terkesan mendadak dan tertutup itu, presiden yang dikenal dengan panggilan Jokowi itu dianggap melupakan visinya untuk mengedepankan revolusi mental.

Menurut tokoh agama sekaligus pemerhati politik, Romo Benny Susetyo, salah satu ciri revolusi mental adalah mengedepankan perubahan dengan memilih tokoh yang sesuai. Namun, kata dia, yang dilakukan Jokowi justru sebaliknya.

"Kita melihat apa yang dikatakan  revolusi mental jadi terpental ketika tidak memberi sebuah kepastian. Presiden mencari Jaksa Agung diam-diam, tiba-tiba baru dipublikasikan dan langsung dilantik kita belum tahu rekam jejak orang ini," kata Romo Benny dalam diskusi 'Pak Jokowi Ikut Parpol, Apa Nasib Gerakan Anti Mafia dan Korupsi?' di Jakarta Pusat, Minggu, (23/11).

Romo Benny menyebut sikap kritis yang ditunjukkan publik atas pemilihan Prasetyo bukan berarti karena sikap antiparpol. Hanya saja, kata dia, Jokowi kini dianggap  lebih patuh pada partai dibanding membuktikan janjinya melakukan revolusi mental dengan mengedepankan transparansi.

Karenanya Romo Benny juga menyatakan, kini yang menjadi tugas utama Prasetyo adalah membuktikan pada khalayak bahwa Jokowi tidak salah pilih. Prasetyo diberi waktu 6 bulan untuk memperbaiki institusi Kejaksaan Agung.

"Berani enggak Prasetyo membersihkan oknum-oknum kejaksaan yang ada di kasus sarang penyamun dan mafia. Kalau tidak bisa membuktikan, maka revolusi mental terpental," tegas Benny.(flo/jpnn)

 


JAKARTA - Presiden Joko Widodo hingga saat ini masih panen kritik akibat memilih HM. Prasetyo sebagai Jaksa Agung baru. Dengan pemilihan yang terkesan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News