Lawson Resmi Jadi Salah Satu Pemilik Alfamart

Lawson Resmi Jadi Salah Satu Pemilik Alfamart
Lawson Resmi Jadi Salah Satu Pemilik Alfamart

jpnn.com - JAKARTA - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), perusahaan pemilik jaringan gerai mini market Alfamart mengeluarkan saham baru sebanyak 864.705.900 lembar dan diserahkan kepada perusahaan ritel asal Jepang, Lawson Inc. Sebaliknya Lawson menguras kepemilikan sebesar 30 persen di PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI) pemilik jaringan AlfaMidi yang selanjutnya diserahkan ke AMRT.

Corporate Secretary AMRT, Tomin Widian, dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (9/12) mengatakan, pihaknya telah melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (non HMETD) pada 5 Desember 2014. Saham baru dikeluarkan sebanyak 864.705.900 saham dengan nilai nominal Rp 10 per saham dan harga pelaksanaan sebesar Rp 600 per saham.

Seluruh saham diserahkan kepada Lawson. Dengan harga pelaksanaan itu maka saham baru dikeluarkan sebesar Rp 518,823 miliar. Aksi korporasi itu dilakukan berdasarkan Share Subscription Agreement (SSA) pada 9 September 2014 yang dibuat antara Lawson dan AMRT.

"Berdasarkan SSA tersebut perseroan menerima dana dari Lawson dalam jumlah seluruhnya sebesar Rp 518,823 miliar yang disebut dana yang disetorkan," ucapnya.

Namun, dana tersebut tidak diterima dalam bentuk cash melainkan dengan sebanyak 864.705.900 saham MIDI dari Lawson Asia Pacific Holdings (LAP). Sebelum transaksi ini, LAP memang memiliki 30 persen saham MIDI dan kini seluruhnya diserahkan kepada AMRT.

Berdasarkan ketentuan SSA, dana yang disetorkan merupakan pembayaran atas pemesanan sejumlah saham AMRT yang kini dimiliki oleh Lawson itu melalui aksi penambahan saham non HMETD. Kebetulan pemegang saham AMRT menyetujui saat digelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 22 Oktober 2014.

Usai transaksi ini, AMRT meningkatkan kepemilikan di MIDI dari sebelumnya 56,72 persen menjadi 86,72 persen. Sebaliknya Lawson memiliki 2,24 persen saham AMRT.

Bagi Lawson, terjadinya transaksi ini diharapkan memberi dampak secara langsung memperkuat hubungan kerjasama yang telah dijalin dengan AMRT. Selain tentunya agar bisa semakin mudah mengembangkan gerai Lawson yang mulai beredar di beberapa kota di Indonesia.

JAKARTA - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (AMRT), perusahaan pemilik jaringan gerai mini market Alfamart mengeluarkan saham baru sebanyak 864.705.900

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News