Jonan Janji Tindak Seluruh Penerbangan Liar

Jonan Janji Tindak Seluruh Penerbangan Liar
Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan menegaskan bahwa pembekuan sementara AirAsia rute Surabaya-Singapura tidak terkait dengan penyebab hilangnya kontak pada Minggu (28/12) lalu di Selat Karimata.

Hal itu dikatakan Jonan menanggapi banyaknya dugaan yang menyebutkan bahwa pihaknya sengaja membekukan rute AirAsia lantaran peristiwa tersebut.

"Kebetulan aja ini ada kecelakaan pesawat. Kalau penyebab kecelakaan yang umumkan ya nanti KNKT," ujar Jonan di kantornya, Jalan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (6/1) malam.

Setelah dilakukan review rute, kata Jonan, didapati bahwa AirAsia tidak mempunyai jadwal terbang pada hari Minggu menuju Surabaya-Singapura. Untuk itu, Kementerian Perhubungan langsung men-suspend rute tersebut. "Maskapai manapun kalau nggak ada rute nya ya nggak boleh terbang," tegasnya.

Review jadwal rute tersebut kata Jonan, diberlakukan kepada seluruh maskapai di Indonesia. Upaya tersebut guna mengantisipasi menjamurnya jadwal terbang liar maskapai.

"Kalau kena suspend ya kena saja. Kalau nggak (review jadwal terbang) kan liar, kita juga nggak tahu siapa saja yang kena nanti, yang jelas ini masih terus berjalan," tutup mantan Dirut PT KAI ini. (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan menegaskan bahwa pembekuan sementara AirAsia rute Surabaya-Singapura tidak terkait dengan penyebab


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News