Desak Kejati segera Bawa Mantan Bupati Bantul ke Pengadilan

Aktivis Antikorupsi Jogja Minta Jaksa Agung Copot Kajati DIY

Desak Kejati segera Bawa Mantan Bupati Bantul ke Pengadilan
Desak Kejati segera Bawa Mantan Bupati Bantul ke Pengadilan

jpnn.com - JOGJA – Lambatnya penanganan kasus korupsi dana hibah Persiba kembali mendapat sorotan pegiat antikorupsi. Rabu (21/1), puluhan aktivis Gerakan Rakyat Antikorupsi DIY menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Kejati DIJ di Jalan Sukonandi.

Saat aksi, massa membawa aneka poster berisi kecaman terhadap penanganan kasus korupsi di DIY. Mereka menyebut Kejati DIY tempat berlindung para koruptor. Sebab, banyak tersangka korupsi melenggang bebas seperti kasus korupsi Persiba, pergola, PLN, atau DPT DPRD DIY

Usai berorasi, massa membakar boneka orang-orangan yang terbuat dari jerami. Boneka jerami itu sebagai simbol jaksa yang tidak berani memberantas korupsi. Usai aksi di kejati, massa melanjutkan ke Titik Nol untuk melakukan aksi serupa.

Massa mendesak Jaksa Agung HM Prasetyo segera mencopot Kajati DIY Loeke Larasati SH. Alasannya, Loeke sebagai kajati dianggap tidak memiliki komitmen memberantas korupsi dan tidak menjalankan tugas dengan baik.

“Bu Loeke tidak berani memberantas korupsi. Buktinya, penanganan kasus Persiba belum ada perkembangan berarti,” teriak Juru Bicara Gerakan Rakyat Antikorupsi DIJ Tri Wahyu KH saat orasi.

Massa menilai mandeknya penanganan korupi hibah Persiba dengan tersangka Idham Samawi dan Edy Bowo Nurcahyo menjadi bukti Kajati DIJ Loeke Larasati tidak berani mengambil keputusan tegas. Tri menyindir kejati yang terkesan pilih kasih dalam penegakan hukum.

“Jangan tajam ke bawah dan tumpul ke atas. Dalam kasus Ervani (kasus pencemaran nama baik melalui Facebook, red), Kajati Loeke cepat sekali merespons akan mengajukan kasasi, padahal diputus bebas oleh pengadilan. Sedangkan kasus Persiba, Bu Loeke terkesan sembunyi karena ketakutan,” sindirnya.

Wahyu menambahkan, apabila kejati masih sanggup menuntaskan perkara hibah Persiba dan perkara korupsi lain, semestinya segera menahan Idham Cs dan melimpahkan perkaranya ke pengadilan tipikor. Sebab, bila kejati tak serius menangani korupsi, maka yang dirugikan adalah para tersangka, keluarga tersangka, dan masyarakat.

JOGJA – Lambatnya penanganan kasus korupsi dana hibah Persiba kembali mendapat sorotan pegiat antikorupsi. Rabu (21/1), puluhan aktivis Gerakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News