Harga Tongkol Tembus Rp 21 Ribu

Harga Tongkol Tembus Rp 21 Ribu
Harga Tongkol Tembus Rp 21 Ribu

jpnn.com - PEMALANG - Harga ikan tongkol di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjungsari Kelurahan Sugihwaras, Pemalang melambung hingga mencapai Rp 21 ribu per kilogram.

Padahal saat kondisi normal, jenis ikan itu dijual dengan harga antara Rp 12 ribu hingga Rp 15 ribu per kilogram.  Melambungnya harga tongkol ini akibat stok yang minim dan permintaan banyak.

Tarmono (40), salah satu nelayan di TPI Tanjungsari mengatakan, pada bulan Januari hingga Februari masih termasuk musim baratan dengan angin kencang. Jumlah nelayan yang melaut masih sedikit.

Bahkan kadang tidak ada sama sekali. Namun sejak tiga hari terakhir, para nelayan sudah mulai melaut, meskipun waktu melautnya tergolong singkat yaitu maksimal sehari atau beberapa beberapa jam saja.

Hal itu dilakukan karena kondisi cuaca di laut bisa berubah secara drastis sewaktu-waktu. Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, ikut mempengaruhi hasil tangkapan ikan. Para nelayan dalam tiga hari terakhir hanya memperoleh ikan tongkol, tengiri dan udang.

Hasil tangkapan yang diperoleh nelayan termasuk minim. Untuk jenis ikan tongkol, satu perahu memperoleh ikan antara satu basket hingga tiga basket. Untuk tengiri lebih sedikit. Sedangkan  tangkapan udang biasanya kurang dari 10 kilogram per perahu. Namun walau sedikit, karena harga ikan sedang mahal terutama jenis tongkol, dia tetap bersyukur.

"Sekarang harganya Rp 21 ribu per kilogram. Harga tersebut diperkirakan akan naik lagi apabila stoknya masih sedikit," terangnya, kemarin.

Minimnya stok tak sebanding dengan permintaan atau kebutuhan masyarakat yang tinggi. Hal ini menyebabkan harga ikan terus melambung dan diperkirakan akan naik lagi jika pasokan tak memadai.

PEMALANG - Harga ikan tongkol di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tanjungsari Kelurahan Sugihwaras, Pemalang melambung hingga mencapai Rp 21 ribu per

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News