2015, Warga Miskin di Indonesia Mencapai 19 Juta

2015, Warga Miskin di Indonesia Mencapai 19 Juta
dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA- Jumlah warga miskin di desa seluruh Indonesia terus meningkat. Sejak 2013, terdapat peningkatan jumlah warga miskin di seluruh tanah air. Tahun ini, jumlahnya diyakini akan bertambah.

"Tahun ini diperkirakan meningkat lagi menjadi kisaran 19 juta jiwa. Ini masalah  serius yang harus pemerintah hadapi untuk menekan angka kemiskinan agar tidak terus bertambah," terang Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Marwan Jafar di Jakarta, Jumat (6/2).

Selain membahas tentang angka kemiskinan, Marwan juga membicarakan tentang sikap pemerintah untuk melindungi dan menyejahterakan masrayakat desa adat. Hal tersebut sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014.

“Pemerintah pusat dan daerah,harus lebih bijaksana dalam memberi izin-izin kegiatan industri yang bersinggungan dengan wilayah desa adat," tambah Marwan.

Marwan menambahkan, desa adat akan dimasukkan dalam revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Desa. Hal itu diyakini bisa melindungi desat adat.

“Saya inisiatif untuk mendorong dilakukan revisi PP itu. Tentu ini akan melibatkan sejumlah kementerian terkait. Jangan diremehkan, apalagi mau disamakan dengan sistem desa lainnya,” tegas Marwan. (gir/jpnn)


JAKARTA- Jumlah warga miskin di desa seluruh Indonesia terus meningkat. Sejak 2013, terdapat peningkatan jumlah warga miskin di seluruh tanah air.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News