Penembakan di Denmark, Tiru Serangan Charlie Hebdo

Penembakan di Denmark, Tiru Serangan Charlie Hebdo
Penembakan di Denmark, Tiru Serangan Charlie Hebdo. Petugas forensik melakukan pemeriksaan di pusat budaya di Copenhagen, Denmark. (AFP Photo/Claus Bjorn Larsen)

jpnn.com - COPENHAGEN – Penduduk Denmark sudah bisa tenang. Pria yang diduga merupakan pelaku dua penembakan di Copenhagen, Denmark, pada Sabtu (14/2) telah ditembak mati oleh pihak kepolisian Minggu (15/2).

Pelaku yang tidak disebutkan namanya itu ditembak di Distrik Norrebro setelah menyerang petugas dengan tembakan terlebih dulu.

Serangan pertama terjadi dalam sebuah acara debat tentang kebebasan berpendapat yang digelar kartunis kontroversial Swedia Lars Vilks. Dia adalah kartunis yang menggambar karikatur Nabi Muhammad yang berbadan anjing.

Di tengah acara yang berlangsung di sebuah kafe tersebut, pelaku yang bersenjata menghujani acara dengan puluhan tembakan. Finn Norgaard, 55, sutradara film, tewas dalam kejadian itu dan tiga polisi luka-luka.

’’Dia menembak dari luar. Saya mendengar sekitar 50 tembakan. Tapi, polisi bilang bahwa ada 200 tembakan. Peluru masuk menembus pintu dan orang-orang telungkup di lantai,’’ ujar Duta Besar Prancis untuk Denmark Francois Zimeray yang ikut dalam acara tersebut.

Kejadian kedua adalah serangan di Sinagog yang menewaskan seorang Yahudi dan melukai dua polisi. Pelaku selalu menggunakan taksi untuk pergi setelah menembak. Berdasar hasil CCTV, pelaku dua kejadian tersebut merupakan orang yang sama.

Pihak kepolisian yakin pelaku bekerja sendirian. Agaknya, dia ingin meniru serangan yang terjadi di kantor tabloid Charlie Hebdo di Paris, Prancis, sebulan lalu.

’’Dengan mewawancarai pengemudi taksi, kami mendapatkan alamat dimana pelaku turun (dari taksi),’’ kata pihak penyelidik kepolisian Copenhagen Jorgen Skov.

COPENHAGEN – Penduduk Denmark sudah bisa tenang. Pria yang diduga merupakan pelaku dua penembakan di Copenhagen, Denmark, pada Sabtu (14/2)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News