Wow...Ribuan Dokter Banten Menumpuk di Tangerang

Wow...Ribuan Dokter Banten Menumpuk di Tangerang
Wow...Ribuan Dokter Banten Menumpuk di Tangerang

jpnn.com - TANGERANG - Fakta cukup mengejutkan disampaikan Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Cabang Banten. Dari 6.000 dokter yang berada di bawah naungannya, 4.000 di antaranya bertugas di Tangerang Raya, baik kota, Kabupaten Tangerang maupun Tangsel.

Sisanya, atau 2.000 orang barulah bertugas di lima kota/kabupaten lainnya, yakni meliputi Kota dan Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak serta Kabupaten Pandeglang. Meski terkesan timpang, Ketua PDUI dr Furqon Haitami mengatakan, jumlah dokter yang bertugas di Tangerang dikatakan cukup ideal.

Hal itu seiring dengan jumlah rumah sakit di tiga wilayah Tangerang serta jumlah penduduknya  padat. Kondisi itu berbanding dengan daerah di luar Tangerang yang jumlahnya rumah sakitnya yang kurang serta penduduk yang sedikit.

"Ada beberapa Puskesmas di Pandeglang yang belum memiliki dokter, dokter datang jarang-jarang," ujar Furqon usai terpilih kembali sebagai Ketua PDUI Banten periode 2015-2018 dalam acara General Practice (GP) Meeting Banten 2015 serta pelantikan Pengurus PDUI Cabang Banten di Great Western Resort, Kebon Nanas, Minggu (8/3).

Intinya, kata dia permasalahan ada pada pemerataan dokter. Dia pun berharap, daerah segera melakukan pemerataan jumlah dokter.

"Selama ini dokter lebih banyak berada di kota besar dikarenakan masalah kesejahteraan yang lebih baik daripada di desa," terangnya.

Furqon juga mengharapkan pemerintah pusat dan daerah dapat memikirkan hal tersebut agar ke depannya jumlah dokter yang ada dapat tersebar dengan baik serta dengan jaminan kesejahteraan bagi dokter yang bertugas di daerah terpencil.

"Sehingga nantinya seluruh masyarakat dapat mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan maksimal," kata Furqon.(mg28/made/jpnn)


TANGERANG - Fakta cukup mengejutkan disampaikan Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Cabang Banten. Dari 6.000 dokter yang berada di bawah naungannya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News