Pertamina dan PTPN III Bangun PLTGU di Sei Mangkei

Pertamina dan PTPN III Bangun PLTGU di Sei Mangkei
Pertamina dan PTPN III Bangun PLTGU di Sei Mangkei

jpnn.com - JAKARTA – PT Pertamina bersama PTPN III bersinergi untuk mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) dengan kapasitas 250 Mw di Sei Mangkei. Kerjasama tersebut sebagai salah satu upaya dua perusahaan pelat merah ini untuk mencukupi kebutuhan listrik bagi industri di kawasan ekonomi di sana.

PTPN III merupakan Badan Usaha pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei berdasarkan Peraturan Pemerintah No.29 Tahun 2012. Di mana PTPN III telah mendapatkan persetujuan wilayah usaha penyediaan listrik untuk kepentingan umum oleh Menteri ESDM dan dapat melakukan perjanjian kerjasama jual beli listrik dengan PT PLN.

"Ini merupakan perwujudan dari sinergi BUMN untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan infrastruktur kelistrikan nasional yang ditargetkan mencapai 35.000 Mw hingga tahun 2019," ujar Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dalam siaran persnya, Selasa (24/3).

Dijelaskan Dwi, khusus bagi kawasan Sumatera Utara, kesepakatan kedua perusahaan untuk bermitra sebagai Independent Power Producer (IPP) akan membantu mengurangi defisit pasokan listrik, yang pada akhirnya akan menyokong kegiatan perekonomian di wilayah tersebut.   

Proyek tersebut ditargetkan dapat beroperasi pada pertengahan tahun 2017 untuk tahap 1 dan tahun 2018 untuk tahap 2.

“Melalui kerjasama ini, Pertamina dan PTPN III telah menunjukkan diri untuk ikut berperan dalam program pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan pemerintah, khususnya di Sumatera bagian Utara, yang diharapkan membantu mengurangi defisit kelistrikan di wilayah tersebut," tandas mantan Dirut PT Semen Indonesia ini. (chi/jpnn)

 


JAKARTA – PT Pertamina bersama PTPN III bersinergi untuk mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) dengan kapasitas 250 Mw di


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News