‎Pernyataan Sapi USB Dianggap Rasis, Ini Reaksi Ahok

‎Pernyataan Sapi USB Dianggap Rasis, Ini Reaksi Ahok
‎Pernyataan Sapi USB Dianggap Rasis, Ini Reaksi Ahok

jpnn.com - KEBON SIRIH - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyatakan, aksi yang dilakukan Masyarakat Anti Rasis (Mars) bagian dari politik. Dalam aksinya, Mars mengecam pernyataan Ahok saat mengunjungi peternakan PT Karya Anugerah Rumpin pada Jumat (27/3) lalu.

‎Pada saat itu, Ahok diminta untuk memberikan nama calon anak sapi. Mantan Bupati Belitung Timur memberikannya nama USB. Kepanjangan USB adalah Untuk Sapi Betawi.‎ Perkataan ini dianggap tindakan rasis.

‎"Saya kira itu politik aja. Sekarang gini saya mau tanya, kalau anda mengatakan sapi Madura, orang Madura merasa rasis enggak? Harimau Sumatera? Badak Jawa? Sapi Bali? Sapi Sumba? Apa rasis?" kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Senin (30/3). 

‎Menurut Ahok, sapi itu bukan atas nama pribadi. Bahkan, suami Veronica Tan tersebut menyatakan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang berusaha untuk melakukan swasembada sapi.

"Kita lagi berusaha menciptakan supaya di Jawa ada sapi Jawa," ujar Ahok.

Ahok menilai, pernyataan yang disampaikannya tidak berbau rasis. "Jakarta kebetulan B jadi Betawi. Jadi di mana rasisnya? Kalau rasis ngatain saya Cina, bangsat, goblok. Itu rasis," tegasnya.‎ 

Sebelumnya, Ketua Forum Pemuda Betawi Rahmat HS menyatakan, pihaknya mau bertemu dengan Ahok. Sehingga, bisa mendapatkan klarifikasi Ahok berkaitan dengan nama USB kepada calon anak sapi yang akan lahir.‎

"Ini namanya rasis. Kami akan menunggu sampai pukul 18.00 WIB," ujar Rahmat di Balai Kota. (gil/jpnn)


KEBON SIRIH - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menyatakan, aksi yang dilakukan Masyarakat Anti Rasis (Mars) bagian dari politik.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News