Komjen BG Ditetapkan jadi Wakapolri? Ini Suara dari Senayan

Komjen BG Ditetapkan jadi Wakapolri? Ini Suara dari Senayan
Komjen Budi Gunawan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Santer beredar kabar, saat ini sebenarnya Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) sudah menetapkan Komjen Budi Gunawan (BG) sebagai Wakapolri. Bagaimana suara politisi di Senayan?

Anggota fraksi Hanura Syarifuddin Sudding ‎menilai, dari hasil fit and proper test saat dicalonkan sebagai Kapolri beberapa waktu lalu, BG merupakan seorang yang cerdas dan bertipe pemikir.

BG dinilai memahami betul roadmap kepolisian. "Saya melihat dia lebih pas di posisi internal kepolisian," ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/4).

Senada, politikus PDIP Junimart Girsang mengatakan, BG sudah layak bila dipilih menjadi Wakapolri. Sebab, saat fit and proper test lalu, komisi III dan rapat paripurna DPR sepakat secara aklamasi menjadikan BG sebagai Kapolri. Hal itu berarti kompetensi dan kelayakan BG terbuktikan. "Kapolri dan Wakapolri kan sama," imbuhnya.

Menurutnya, sebagai perwira bintang tiga, BG berhak duduk sebagai Wakapolri. Tinggal menunggu Wanjakti memberikan keputusan secara resmi berdasar pada mekanisme yang berlaku. "Tapi, yang jadi masalah kita bertumpu pada opini masyarakat dalam tanda petik," ucapnya.

Di bagian lain, Ketua Presidium Indonesia Police Watch Neta S. Pane mengatakan, berdasar informasi yang diperoleh, BG telah dipilih sebagai Wakapolri dalam sidang Wanjakti plus yang dihadiri seluruh komjen, sejumlah irjen, dan kapolda. ”Dalam Wanjakti plus itu internal Polri sangat solid,” katanya dalam keterangan tertulis.

Dia berharap, Mabes Polri segera mengumumkan dan melantik BG sebagai Wakapolri. Jabatan Kalemdikpol yang ditinggalkan BG akan diisi oleh Kadiv Propam Irjen Syarifuddin. (Desyinta N/fal)

 


JAKARTA – Santer beredar kabar, saat ini sebenarnya Dewan Jabatan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) sudah menetapkan Komjen Budi Gunawan (BG)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News