Ini 10 Sikap Kemenpora Terkait Kompetisi dan PSSI

Ini 10 Sikap Kemenpora Terkait Kompetisi dan PSSI
PSSI. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - KEMENPORA menegaskan tak ingin mengorbankan kompetisi. Bagi Kemenpora, kompetisi dan PSSI, adalah dua hal yang saat ini berada dalam ranah berbeda.

Karena itulah, Kemenpora meski telah membekukan PSSI, tetap mendukung kompetisi di bawah operator PT Liga Indonesia. Penegasan sikap itu, juga dilontarkan Kemenpora dalam pertemuan dengan PT LI dan klub ISL di kantor Kemenpora, Senin (27/4) malam. (dkk/jpnn)


Ini 10 Poin Sikap Kemenpora Terkait Kompetisi dan PSSI

1. Tak ada niat untuk mengorbankan kompetisi, klub dan pemain. Langkah-langkah pemerintah justru untuk memperkuat tata kelola kompetisi sepakbola Indonesia. Memastikan kompetisi berjalan sesuai peraturan dan perundangan.


2. Sebelum pertemuan dengan PT Liga dan klub-klub ISL, saya sudah bertemu dengan asosiasi pemain dan beberapa kapten tim sebagai perwakilan pemain. Mereka memahami langkah tegas pemerintah sebagai salah satu cara untuk mendisiplinkan PSSI, PT Liga dan klub agar menghormati hak-hak pemain sebagaimana tercantum dalam kontrak. Asosiasi pemain dan perwakilan pemain akan mendukung langkah-langkah Menpora selama itu positif bagi kompetisi dan para pemain.


3. Klub-klub bersikukuh tidak mau menjalankan kompetisi jika PSSI tidak diakui. Klub memilih tidak mau main jika PSSI tidak diakui, apa pun resiko dan pertaruhannya. Sikal pemerintah soal PSSI jelas: tetap dengan keputusan menjatuhkan sanksi administratif terhadap pengurus PSSI dan kegiatan-kegiatannya (SK Menpora No. 01307 tahun 2015).


4. Soal PSSI sekarang telah masuk ke ranah hukum. Pemerintah sudah di PTUN-kan oleh PSSI. Kami hormati jalan hukum yang diambil PSSI, maka klub harus pula menghormati jalan hukum yang diambil PSSI. Biarkan hukum yang memutuskan.


5. Sementara liga adalah soal yang lain. Fokus pemerintah memastikan liga berjalan sesuai peraturan dan perundangan. Pemerintah meminta untuk sesegera mungkin memutar kembali kompetisi.

KEMENPORA menegaskan tak ingin mengorbankan kompetisi. Bagi Kemenpora, kompetisi dan PSSI, adalah dua hal yang saat ini berada dalam ranah berbeda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News