Ini Nasihat Habibie untuk Jokowi agar Indonesia Jaya

Ini Nasihat Habibie untuk Jokowi agar Indonesia Jaya
Ini Nasihat Habibie untuk Jokowi agar Indonesia Jaya

jpnn.com - JAKARTA - Presiden RI ketiga, B.J Habibie mengaku pernah memberikan nasihat ke Presiden Joko Widodo. Habibie menuturkan hal itu saat menjadi pembicara dalam sebuah talkshow di Balairung Universitas Indonesia, Depok, Rabu (29/4) sore tadi.

Dalam talkshow itu, sang pemandu acara, Najwa Shihab menanyakan tentang hal yang dibisikkan Habibie saat bertemu presiden yang dikenal dengan sapaan Jokowi itu. Menurut Habibie, saat ini konsentrasi Jokowi -sapaan Presiden Joko Widodo- sebaiknya pada upaya penciptaan lapangan kerja sebanyak mungkin. Sebab, banyak anak muda yang butuh pekerjaan,

"Hari ini, konsentrasi pada penyedian untuk lapangan kerja anak muda saat ini. Berarti, menyanggupi lahan pekerjaan karena tempaan keluarga sudah dihadapi mereka. Maka dari itu, buatlah lapangan pekerjaan seluas-luasnya," ujar Habibie.

Ia juga berharap generasi saat ini bisa harapkan lebih baik dari sebelumnya. Bagi dia, masalah rendahnya perekonomian masyarakat Indonesia bisa diatasi dengan pendidikan dan perhatian pemerintah.

Ini Nasihat Habibie untuk Jokowi agar Indonesia Jaya

"Teruslah peduli terhadap generasi sekarang. Percuma banyak anak muda berkualitas jika tidak diberi kesempatan berkarya di negerinya sendiri," sambungnya.

Habibie merasa perlu menuturkan hal itu karena punya pengalaman sebagai satu-satunya orang Indonesia yang bisa membuat pesawat, namun gagal di tengah jalan. Dia tidak ingin generasi sekarang mengalami hal serupa.

"Dulu, pesawat R-80 (Regio Prop 80, red) sudah saya buat dengan 16 ribu sumber daya. Mereka bergelar S1, S2, tidak ada hutang, kami buat transparan. Tapi, tiba-tiba IMF (International Monetary Fund) memutuskan untuk berhenti. Bagaimana sakitnya saya," tuturnya.(mg3/jpnn)


JAKARTA - Presiden RI ketiga, B.J Habibie mengaku pernah memberikan nasihat ke Presiden Joko Widodo. Habibie menuturkan hal itu saat menjadi pembicara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News