Dana Desa Dicairkan, Kades Diingatkan Waspadai Aksi LSM Dadakan

Dana Desa Dicairkan, Kades Diingatkan Waspadai Aksi LSM Dadakan
Dana Desa Dicairkan, Kades Diingatkan Waspadai Aksi LSM Dadakan. Foto JPNN.com

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edi mengingatkan seluruh kepala desa (Kades) agar waspada nantinya dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) dadakan yang menemui para Kades dengan dalih LSM pemantau penggunaan dana desa.

"Para Kades kita ingatkan agar waspada dengan LSM dadakan dengan dalih memantau penggunaan dana desa tapi pratiknya memeras," kata Lukman Edi, dalam diskusi, Gedung Nusantara IV, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (4/5).

Menurut politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, hal terpenting yang harus dilakukan para Kades, tertibkan administrasi dan jangan takut dengan LSM dadakan.

"Kalau mau ditekan-tekan LSM, justru para Kades sendiri yang akan repot nantinya," tegas Lukman.

Selain itu, dia juga menyarankan agar Kades bisa mengadopsi pola-pola pengelolaan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan yang menekankan aplikasi anggarannya untuk padat karya.

"Kecuali program yang pengerjaannya terkait dengan tekonlogi, bolehlah dikontrakan kepada pihak ahlinya," saran mantan Menteri Pembangunan Desa Tertinggal (PDT) ini.(fas/jpnn)

 


JPNN.com JAKARTA - Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Lukman Edi mengingatkan seluruh kepala desa (Kades) agar waspada nantinya dengan lembaga swadaya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News