Rini Tunjuk Mantan Menteri BUMN Jadi Komut Pertamina

Rini Tunjuk Mantan Menteri BUMN Jadi Komut Pertamina
Rini Tunjuk Mantan Menteri BUMN Jadi Komut Pertamina

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak jajaran komisaris PT Pertamina. Hari ini (6/5), Menteri BUMN Rini Soemarno memberhentikan seluruh komisaris di Pertamina sekaligus menunjuk para pengganti mereka.

Posisi komisaris utama Pertamian yang sebelumnya ditempati Sugiharto, kini dipercayakan ke Tanri Abeng. "Kami memberikan penghargaan sebesar-besarnya kepada Pak Sugiharto yang telah lima tahun turut membesarkan Pertamina. Sebagai gantinya, kami telah menunjuk Bapak Tanri Abeng," kata Rini di kantornya, Jakarta, Rabu (6/5).

Tanri bukanlah orang baru. Ia merupakan menteri BUMN pertama dalam sejarah RI.

Sedangkan alasan Rini menunjuk Tanri sebagai komisaris utama di Pertamina karena pria asal Sulawesi Selatan itu dianggap mengetahui seluk beluk Pertamina maupun Kementerian BUMN. Karenanya Rini meyakini pengalaman Tanri akan membantu kinerja Pertamina.

"Beliau mengetahui betul tantangan ke depan Pertamina seperti apa, sehingga perusahaan bisa berkompetisi," puji Rini.

Selain menunjuk Tanri, jabatan komisaris Pertamina juga dipercayakan kepada sejumlah nama lain. Yakni Sahala Lumban Gaol, Suahasil Nazara dan Widhyawan Prawiraatmadja.

Dalam kesempatan sama, Menteri ESDM Sudirman Said berharap dewan komisaris Pertamina yang baru dapat menjaga arah strategi korporasi. Dengan demikian, kinerja perseroan ke depan akan semakin mantap.(chi/jpnn)

Jajaran Dewan Komisaris Pertamina Periode 2015-2020:

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) merombak jajaran komisaris PT Pertamina. Hari ini (6/5), Menteri BUMN Rini Soemarno memberhentikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News