Menteri ESDM Pastikan Blok Mahakam Dikelola Pertamina Mulai 2018

Menteri ESDM Pastikan Blok Mahakam Dikelola Pertamina Mulai 2018
Menteri ESDM Pastikan Blok Mahakam Dikelola Pertamina Mulai 2018. Foto: Ilustrasi/Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - ‎Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memastikan PT Pertamina bakal mengelola sepenuhnya Blok Mahakam dua tahun lagi. Saat ini, Blok Mahakam masih dikelola oleh perusahaan migas asal Perancis, Total E&P Indonesie dan Inpex Corp.

"Untuk masyarakat Kaltim, gimana nasib Blok Mahakam ke depan, sudah pasti Pertamina itu jadi operatornya di tahun 2018, dua tahun lagi. Kalau ada masalah lokal, nanti bisa dikomunikasikan bersama," ujar Sudirman dalam sebuah diskusi di Cikini, Jakarta, Minggu (17/5).

Selama ini, sambung Sudirman, pemikiran bahwa Pertamina tidak mampu mengelola Blok Mahakam sengaja dibangun oleh pihak-pihak yang tidak menginginkan perusahaan pelat merah itu menjadi operator Blok Mahakam.

"Persepsi itu sengaja dibangun‎, seolah Pertamina lemah dan tidak mampu. Ini dibangun supaya pemburu rente itu memanfaatkan kondisi ini," sebut Sudirman.

Meski demikian, mantan dirut PT Pindad ini tak menampik kalau Pertamina belum bisa menyaingi Total dan Shell. Karena itu pemerintah telah satu suara agar Blok Mahakam sepenuhnya dikelola oleh perseroan.

"Ya kalau membandingkan Pertamina dengan Total dan Shell, Pertamina masih ada di urutan ketiga, tapi ini tugas kami bersama untuk mendorong itu," tandasnya. (chi/jpnn)


JAKARTA - ‎Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said memastikan PT Pertamina bakal mengelola sepenuhnya Blok Mahakam dua tahun


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News