Ini Cara Menristek Dikti Mengecek Ijazah Palsu

Ini Cara Menristek Dikti Mengecek Ijazah Palsu
gil jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan, ada beberapa cara untuk mengecek ijazah palsu. Salah satunya dengan memeriksa nilai yang diraih mahasiswa tiap semester.

"Dasarnya dari ijazah. Setelah itu, tiap semester, dia mendapatkan berapa SKS," kata Nasir di kantor Kemenristek Dikti, Jakarta, Selasa (26/5).

Berdasarkan data yang diperoleh Kemenristek Dikti, ada mahasiswa yang baru memiliki delapan SKS namun dinyatakan lulus. Padahal, seharusnya mahasiswa harus memenuhi 144 SKS. "144 SKS tapi 8 SKS bisa lulus. Itu kan masalah,"‎ ucap Nasir.

Selain itu, proses pemeriksaan bisa dilihat dari segi mahasiswa pindahan. Menurut Nasir, mahasiswa pindahan ‎harus ada dalam pangkalan data di universitas sebelumnya. "Kalau itu tidak tercatat pada universitas sebelumnya, itu terjadi abal-abal atau pemalsuan pindahan itu," ujar Nasir.

Nasir menuturkan, pihaknya akan memperhatikan proses perkuliahan mahasiswa. Salah satu yang dilihat Kemenristek Dikti adalah sistem absensi. "Kalau tidak ada itu berarti penipuan dalam perkuliahan," ‎tandas Nasir. (gil/jpnn)


JAKARTA - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir mengatakan, ada beberapa cara untuk mengecek ijazah palsu. Salah satunya dengan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News