Wah, Para Penemu ATM Ternyata Punya Pengalaman Buruk di Bank

Wah, Para Penemu ATM Ternyata Punya Pengalaman Buruk di Bank
Ilustrasi. FOTO: BCA

jpnn.com - SETELAH Luther Simjian berhasil menemukan dan mematenkan Automated Teller Machine alias ATM, dua orang ini juga mengembangkan mesin pintar yang bisa mengeluarkan uang di kemudian hari. Mereka adalah John Shepherd-Barron dan Don Wetzel. 

Sebenarnya, ketiga orang itu mengembangkan penemuannya secara sendiri-sendiri alias Independen. Ya, pada 1939, Simjian sukses menciptaan ATM. Tapi secara pemasaran dia tak terlalu sukses. Pasalnya, hasil karya ciptaannya yang digunakan City Bank of New York, tak banyak dipakai nasabah.

Beberapa tahun kemudian, giliran John Shepherd-Barron mengembangkan penelitian tentang mesin ATM. Lantas apa yang melatarbelakangi Barron menciptakan mesin tersebut?

Ternyata Barron punya pengalaman buruk dengan bank. Pada 1965, Barron selalu mengambil uang di bank pada Sabtu pagi. Namun, suatu hari ia terlambat satu menit di bank, dan bank pun tutup. Karena pengalaman ini lah akhirnya ide mesin ATM tercetus.

Nah, pada 1968, ahli dari Docutel Corp Texas, Don Wetzel ikut mengembangkan ATM. Namun dia fokus mengembangka  ATM  berjaringan pertama di dunia yang diberinama Docuteller.

Seperti Barron, Wetzel punya pengalaman buruk dengan bank. Wetzel lelah menunggu giliran dalam antrean panjang di sebuah kantor cabang bank.

Seperti diberitakan sebelumnya, berkat ketiga jasa penemu itu, dunia barat mulai mengenal ATM secara luas setelah 1960an. Pada 1980an, ATM sudah mulai masuk dan diperkenalkan di Indonesia. Salah satu bank pertama di tanah air yang menggunakan ATM pada 1986 adalah Hong Kong Bank.

Awalnya, ATM di Indonesia hanya untuk transaksi di satu bank saja, bahkan, hanya menggunakan giro dengan jumlah transaksi terbatas. Seiring berjalannya waktu, bank-bank lain pun mulai ikut menggunakan ATM.

SETELAH Luther Simjian berhasil menemukan dan mematenkan Automated Teller Machine alias ATM, dua orang ini juga mengembangkan mesin pintar yang bisa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News