Australia Khawatirkan Ikan Agresif yang Bisa Hidup di Darat

Australia Khawatirkan Ikan Agresif yang Bisa Hidup di Darat
Australia Khawatirkan Ikan Agresif yang Bisa Hidup di Darat. Foto: ABC News

Para peneliti dan pengawas lingkungan hidup di Australia menyatakan kekhawatiran mereka mengenai kemungkinan datangnya satu jenis ikan asal Papua Nugini, yang bisa bertahan hidup di darat selama beberapa hari.

Pasalnya, ikan air tawar tersebut bisa bergerak di darat dan berpindah-pindah tempat sehingga jika tidak dikendalikan akan menyebar dengan mudah ke daratan Australia.

Ikan dari jenis Perca dan keluarga Percidae ini berasal dari Papua dan telah ditemukan di pulau-pulau di Selat Torres di utara Austalia. Di tempat itu, ikan-ikan ini telah mendominasi wilayah air tawar, mengalahkan jenis-jenis ikan lainnya.

Australia Khawatirkan Ikan Agresif yang Bisa Hidup di Darat
Inilah jenis ikan air tawar yang dikhawatirkan kedatangannya ke daratan Australlia. (Foto: TropWater)

 

Selain bisa bertahan hidup tanpa air selama beberapa hari dengan menggunakan paru-paru untuk bernafas, ikan ini juga ternyata bisa hidup di air asin meskipun habitat asalnya di air tawar.

Peneliti perikanan asal James Cook University Dr Nathan Waltham kepada ABC menjelaskan, ikan ini bukan saja agresif namun juga bisa menyebabkan kematian jika dimakan oleh burung-burung liar.

"Burung yang memakan ikan ini akan tersedak karena ikan ini akan mengembangkan sirip di punggungnya sehingga akan tersangkut di tenggerokan burung sehingga menyebabkan kematian," jelasnya.

Para peneliti dan pengawas lingkungan hidup di Australia menyatakan kekhawatiran mereka mengenai kemungkinan datangnya satu jenis ikan asal Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News