Gemuruh Musik Berubah jadi Histeris, 524 Orang Terbakar

Gemuruh Musik Berubah jadi Histeris, 524 Orang Terbakar
CARI BUKTI: Hamba hukum meneliti lokasi kejadian sesudah insiden yang melukai ratusan orang di Formosa Fun Coast water park. (Michael Wang/Reuters)

jpnn.com - TAIPEI – Bubuk aneka warna yang disemprotkan kepada pengunjung Pesta bertajuk Color Play Asia di Formosa Fun Coast Water Park, Taiwan, Sabtu malam (27/6), menjadi petaka.

Semrpotan bubuk aneka warna penyemarak pesta tiba-tiba mengakibatkan ledakan dan kebakaran. Suasana gemuruh musik dan tawa pengunjung berubah menjadi teriakan histeris. Setidaknya 524 orang dilaporkan terluka dan 200 orang di antaranya kritis.

’’Berdasar penyelidikan awal kami, ledakan dan api ini disebabkan bubuk (warna) yang disemprotkan. Ini bisa saja terjadi karena panas lampu di panggung (sehingga terbakar, Red),’’ ujar Departemen Kebakaran New Taipei City.

Kondisi cuaca saat kejadian juga bisa jadi pemicu. Saat ledakan terjadi, suhu udara mencapai 36,6 derajat Celsius. Sebanyak 13 korban terbakar merupakan warga negara asing. Antara lain, dari Tiongkok daratan, Makau, Hongkong, Malaysia, Singapura, dan Jepang.

Penyelenggara pesta itu bukan Formosa Fun Coast Water Park, melainkan pihak luar yang hanya menyewa lokasi. Ada lebih dari seribu orang yang hadir. Mayoritas anak muda berusia 20–30 tahun.

Awalnya, pesta tersebut berlangsung semarak seperti yang direncanakan. Suasana berubah kacau ketika bubuk hijau dan kuning yang disemprotkan ke arah pengunjung tiba-tiba mengakibatkan ledakan dan kebakaran hebat.

Ledakan terjadi pada pukul 20.30 waktu setempat dimulai dari sisi kiri panggung dan menyebar ke berbagai titik lain. Orang-orang langsung berlarian menyelamatkan diri. Beberapa di antaranya langsung menceburkan diri ke kolam untuk memadamkan api di tubuh mereka.

’’Ini seperti neraka. Saya melihat orang-orang berlarian dan kulit mereka telah hilang (terbakar),’’ kata salah seorang pengunjung.

TAIPEI – Bubuk aneka warna yang disemprotkan kepada pengunjung Pesta bertajuk Color Play Asia di Formosa Fun Coast Water Park, Taiwan, Sabtu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News