Semalam, Macetnya Parah Banget

Semalam, Macetnya Parah Banget
Ilustrasi Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Para pemudik sudah mulai balik lagi ke Jakarta (21/7). Kenaikan volume balik kendaraan terpantau padat untuk seluruh moda transportasi.

Namun dari pantauan posko angkutan lebaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub), penggunaan angkutan pribadi terlihat lebih mendominasi ketimbang moda lain pada H+3 kemarin. Akibatnya, terjadi kemacetan di sejumlah titik. Salah satunya tol Cikopo-Palimanan (Cipali) arah Jakarta.

Hudaya Arryanto, Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator tol Cipali mengatakan, volume lalu lintas arus balik melalui jalan tol Cipali terus menunjukkan peningkatan. Hal itu terlihat dari jumlah kendaraan yang keluar di Gerbang Tol Cikopo arah Jakarta sejak Senin (20/7).

Volume kendaraan terpantau naik hingga 55 persen dari hari sebelumnya. "Sementara untuk H+3 lebaran, tercatat sudah lebih dari 50 ribu kendaraan yang menuju Jakarta,"ungkapnya.

Dia mengatakan, tingginya volume lalu lintas arus balik tidak hanya dirasakan oleh tol Cipali, tetapi juga di ruas jalan tol yang terkoneksi dengan Cipali. Yaitu ruas Jakarta-Cikampek dan ruas Purbaleunyi. Bahkan dari pantauan gps pada bus penumpang, tercatat kecepatan kendaraan dari arah tol Puebaleunyi menuju cikampek hanya berkisar antara 15 KM/Jam. "Di sejumlah titik bahkan ada yang nol,"pungkasnya.

Kris mengatakan, kemacetan itu terjadi di persimpangan tol Cipali dan Purbaleunyi menuju Cikampek. Banyaknya kendaraan yang akan masuk cikampek membuat antrian hingga tujuh kilometer. "Sudah terpantau padat sejak pagi hari memang,"katanya.
"Lepas dari persimpangan, lanjut dia, kendaraan sudah dapat berjalan normal dengan kecepatan 45 KM/jam. Meski, pada KM 65-61 Cikampek harus kembali tersendat akibat penggunaan rest area di sekitar lokasi. Imbasnya, penumpukan kendaraan harus terjadi hingga 17 KM.

Untuk mengurai kemacetan yang terjadi, pihaknya bekerja sama dengan pengelolah tol dan kepolisian telah turun tangan. Untuk tol Purbaleunyi, dilakukan buka tutup di KM 66 arah Jakarta mulai pukul 17.00 WIB.

Sementara, di tol Cikampek menuju Jakarta telah diberlakukan contra flow. Penggunaan satu ruas jalan di jalur Cikampek-Cirebon itu di lakukan mulai KM 65-61. Namun, hingga malam ini kondisi lalu lintas masih terpantau padat.

JAKARTA - Para pemudik sudah mulai balik lagi ke Jakarta (21/7). Kenaikan volume balik kendaraan terpantau padat untuk seluruh moda transportasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News