Korban Tewas Banjir Myanmar Diperkirakan Meningkat Drastis

Korban Tewas Banjir Myanmar Diperkirakan Meningkat Drastis
Banyak orang Myanmar menyebutkan bahwa hujan yang turun lebih buruk dari beberapa tahun sebelumnya. Foto: AFP

jpnn.com - MYANMAR - Korban tewas akibat banjir yang melanda Myanmar diperkirakan akan meningkat selama beberapa hari mendatang. Empat wilayah barat telah dinyatakan zona bencana setelah banjir berat, yang disebabkan oleh hujan, telah menewaskan sedikitnya 27 orang.

PBB mengatakan tim penyelamat belum mencapai banyak daerah dan masih menunggu laporan dari daerah paling parah. Akibat banjir ini, tetangga negara bagian India timur Manipur ini, juga menyebabkan tanah longsor hingga mengubur sebuah desa. Dan insiden ini menewaskan sedikitnya 21 orang.

Hujan lebat merupakan hal yang normal pada musim hujan, tetapi banyak orang di Myanmar - yang juga dikenal sebagai Burma - mengatakan kepada BBC bahwa hujan yang turun sangat deras dalam beberapa pekan terakhir.

Korban Tewas Banjir Myanmar Diperkirakan Meningkat Drastis

Angin dan hujan dari Topan Komen menambahkan kerusakan. Pada hari Minggu, Kantor PBB bagian Koordinasi Urusan Kemanusiaan mengatakan 156.000 orang terkena dampak banjir di 12 kabupaten tetapi total bisa "secara signifikan lebih tinggi".

Mg Mg Khin dari Palang Merah Myanmar, Sabtu (1/8) keamrin, mengatakan kepada BBC negara itu sedang menghadapi "bencana besar". Peramal cuaca mengatakan hujan lebat diperkirakan akan turun di banyak kota, termasuk Chin, Rakhine dan Magwe, selama dua hari ke depan.

Ribuan orang berlindung di biara-biara Budha, tapi satu laporan mengatakan orang-orang dari minoritas Rohingya Muslim berpaling dari beberapa tempat penampungan.

Korban Tewas Banjir Myanmar Diperkirakan Meningkat Drastis

MYANMAR - Korban tewas akibat banjir yang melanda Myanmar diperkirakan akan meningkat selama beberapa hari mendatang. Empat wilayah barat telah dinyatakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News