PKK Tuding Turki Lindungi ISIS dengan Menyerang Kurdi

PKK Tuding Turki Lindungi ISIS dengan Menyerang Kurdi
Cemil Bayik. Foto: BBC

jpnn.com - TURKI - Pimpinan Partai Buruh Kurdistan (PKK) menuduh Turki berusaha melindungi kelompok ISIS dengan menyerang pejuang Kurdi.

Seperti dilansir BBC, Senin (10/8), Cemil Bayik mengatakan ia percaya Presiden Recep Tayyip Erdogan ingin ISIS berhasil untuk mencegah keuntungan Kurdi.

Pejuang Kurdi - yang ada di antara PKK - telah mengamankan kemenangan yang signifikan terhadap militan ISIS di Suriah dan Irak. Tapi Turki, sama seperti sejumlah negara Barat, menganggap PKK sebagai organisasi teroris.

Sebuah gencatan senjata dalam konflik lama akhirnya hancur pada bulan Juli, setelah Turki mulai membom kamp-kamp PKK di Irak utara, pada saat yang sama meluncurkan serangan udara pada militan ISIS.

Para pengamat mengatakan pejuang PKK belakangan ini lebih banyak menerima serangan dari Turki dibandingkan kepada ISIS.

Namun para pejabat Turki menyangkal kampanye melawan kelompok ISIS hanya sebagai topeng untuk mencegah keuntungan Kurdi. Pada hari Rabu, Turki mengatakan sedang merencanakan "pertempuran komprehensif" terhadap ISIS.(ray/jpnn)


TURKI - Pimpinan Partai Buruh Kurdistan (PKK) menuduh Turki berusaha melindungi kelompok ISIS dengan menyerang pejuang Kurdi. Seperti dilansir BBC,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News