BLAAARRRR... Ledakan Setara Bom 21 Ton Bahan Peledak Hancurkan Kota, 36 Hilang

BLAAARRRR... Ledakan Setara Bom 21 Ton Bahan Peledak Hancurkan Kota, 36 Hilang
BLAAARRRR... Ledakan Setara Bom 21 Ton Bahan Peledak Hancurkan Kota, 36 Hilang

jpnn.com - KOTA Tianjin, Tiongkok, Rabu malam (12/8) mendadak berubah menjadi mengerikan. Sebuah ledakan besar terjadi dan meluluhlantakan hampir seluruh kota. Ledakan berasal dari gudang bahan kimia milik Tianjin Dongjiang Port Rui Hai International Logistics. 50 orang meregang nyawa dalam kejadian ini.

Seorang saksi mengungkapkan, ledakan terjadi dua kali. Ledakan pertama terjadi Rabu pukul 23.30 waktu setempat. Beberapa saat kemudian, terjadi ledakan kedua yang lebih hebat dan disusul beberapa ledakan kecil.

Pusat Jaringan Gempa Bumi Tiongkok mengungkapkan, kekuatan ledakan pertama setara dengan ledakan 3 ton TNT dan ledakan kedua setara dengan 21 ton TNT

Hingga pukul 20.30 kemarin (13/8), dilaporkan sedikitnya 50 orang tewas dan 700 lainnya mengalami luka-luka. Sebanyak 36 orang dinyatakan hilang. Dua belas korban tewas adalah petugas pemadam kebakaran. Sebanyak 71 korban luka berkondisi kritis. Tidak tertutup kemungkinan jumlah korban luka bakal terus bertambah.

Dilaporkan, para petugas pemadam kebakaran yang tewas tersebut sudah berada di lokasi kejadian sebelum ledakan pertama terjadi. Sebab, saat itu mereka mendapat laporan adanya kebakaran. Entah benda apa yang terbakar, yang jelas kebakaran tersebut telah memicu ledakan hebat itu.

Petinggi Tianjin Dongjiang Port Rui Hai International Logistics telah ditahan untuk dimintai keterangan. Presiden Tiongkok Xi Jinping juga meminta orang-orang yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut dihukum berat.

Gudang logistik Rui Hai International yang menjadi pusat ledakan tersebut merupakan tempat penyimpanan bahan kimia berbahaya. Ledakan itu menimbulkan bola api yang menerangi seluruh kota sebelum akhirnya menghujani penduduk dengan berbagai serpihan.

"Bola api begitu besar. Mungkin setinggi 100 meter. Saya mendengar ledakan pertama dan semua orang keluar. Kemudian, ada ledakan-ledakan lain dan orang-orang di dalam rumah keluar dengan kondisi berdarah (terkena pecahan kaca)," ungkap Huang Shiting, 27, salah seorang warga. (AFP/AP/Reuters/BBC/sha/c5/end)


KOTA Tianjin, Tiongkok, Rabu malam (12/8) mendadak berubah menjadi mengerikan. Sebuah ledakan besar terjadi dan meluluhlantakan hampir seluruh kota.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News