Peru Tembak Jatuh Pesawat Pembawa Narkoba

Peru Tembak Jatuh Pesawat Pembawa Narkoba
Foto: AFP

jpnn.com - PERU - Kongres Peru telah meloloskan undang-undang yang membolehkan angkatan udara negara itu menembak pesawat kecil yang dicurigai membawa obat-obatan terlarang.

Negara di Amerika Selatan itu dikenal sebagai produsen kokain terbesar di dunia dan lembaga anti narkotika menyebutkan kokain Peru kebanyakan diselundupkan ke Amerika Serikat.

Dilansir dari laman BBC, rancangan undang-undang itu lolos dalam pemungutan suara dengan kedudukan 89-0 dan akan diteken oleh Presiden Ollanta Humala.

Namun sumber pemerintah mengungkapkan AS menentang larangan penerbangan itu. Peru sebenarnya telah menghentikan cara tersebut pada 2001 setelah seorang misionaris Amerika dan putrinya tewas dalam tembakan pada pesawat mereka karena dicurigai membawa obat-obatan terlarang.

Pesawat itu ditembak jatuh oleh Angkatan Udara Peru namun sebenarnya itu merupakan upaya bersama dengan lembaga intelije Amerika CIA. Sejak kejadian itu AS menentang penembakan terhadap pesawat yang dicurigai membawa narkoba.(ray/jpnn)


PERU - Kongres Peru telah meloloskan undang-undang yang membolehkan angkatan udara negara itu menembak pesawat kecil yang dicurigai membawa obat-obatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News