Sekilas Panmunjom, Desa Damai Dua Korea Namun Dijaga Ketat 3 Kekuatan

Sekilas Panmunjom, Desa Damai Dua Korea Namun Dijaga Ketat 3 Kekuatan
Ilustrasi suasana di Panmunjom. Foto-foto: AFP

jpnn.com - DESA Panmunjom dipilih menjadi lokasi pertemuan tingkat tinggi para pengambil kebijakan Korea Utara dan Korea Selatan.

Dua negara yang sejatinya bersaudara itu kini sedang diancam perang terbuka, menyusul keluarnya ultimatum Utara untuk Selatan. Seperti apa dan seberapa pentingnya Panmunjom?

Panmunjom adalah desa yang terletak di wilayah Provinsi Gyeonggi, sekitar 53 kilometer dari Seoul ibu kota Korea Selatan. 

Desa yang terletak di perbatasan dan menjadi wilayah Zona Demiliterisasi (DMZ) ini menjadi lambang perdamaian, de facto antara Utara dan Selatan. 

Sekilas Panmunjom, Desa Damai Dua Korea Namun Dijaga Ketat 3 Kekuatan

Di desa ini pula, Perjanjian Gencatan Senjata Korea pada tahun 1953 dilakukan. Bangunan tempat dilakukannya penandatanganan gencatan senjata masih berdiri sampai sekarang.

Panmunjom memang bukan desa sembarangan. Kawasan ini dijaga ketat superketat. Bukan hanya oleh Korea Utara dan Korea Selatan saja, namun pasukan perdamaian PBB juga ikut bertanggungjawab di desa ini.

Namun uniknya, desa ini termasuk salah satu tujuan wisata internasional. Entah mengapa, banyak turis asing yang merasa tertantang datang ke desa ini. Namun tentu saja, mendatangi Panmunjom butuh keberanian ekstra.

DESA Panmunjom dipilih menjadi lokasi pertemuan tingkat tinggi para pengambil kebijakan Korea Utara dan Korea Selatan. Dua negara yang sejatinya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News