Mbak Puan: Jangan Sampai Batu Akik pun Dikuasai Asing

Mbak Puan: Jangan Sampai Batu Akik pun Dikuasai Asing
Puan Maharani. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani secara resmi membuka Batu Nusantara Show & Contest, Kamis (27/8), di Intermark Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Banten yang digelar Rakyat Merdeka (Group Jawa Pos).

Pameran itu digelar hingga Minggu (30/8) nanti. Acara pembukaan cukup meriah. Diawali seminar batu di Ballroom Intermark, dengan pembicara antara lain pakar batu, Alamsyah, Bupati Lebak, Banten, Iti Octavia Jayabaya, Wali Kota Palu, Sulteng, Rusdy Mastura dan Kadisbudpar Kabupaten Lahat, Diswan Irsad.

Pertunjukan musik tradisional bernuansa islami juga digelar di panggung depan. Sejumlah stan batu sudah berjejer. Dari balik kaca, terlihat berbagai macam jenis batu yang dipamerkan. Masing-masing punya ciri khas, keunikan dan tentunya harga yang berbeda-beda pula. Satu persatu tamu mulai berdatangan. 

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, Pembina Asosiasi Batu Mulia Indonesia Jenderal (Purn) Wiranto, Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Koperasi UKM Puspa Yoga, Gubernur Banten Rano Karno, Wali Kota Tangsel Airin Rachmy Diani serta para pecinta batu. Tak lama berselang, Puan Maharani tiba di lokasi.

Direktur Utama Rakyat Merdeka, Margiono, mengatakan, dalam pameran ini juga digelar kontes batu memperebutkan piala tujuh menteri.

"Ini dalam rangkaian ulang tahun Rakyat Merdeka dan HUT RI," kata Margiono. "Akik merupakan kegemaran orang bawah yang ditiru orang atas. Ini masa kebangkitan orang kecil," ujar Margiono menyikapi fenomena booming batu akik.

Wiranto mengatakan, bicara batu tak ada habisnya. Dia mengaku, fenomena batu akik ini juga sudah disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo. Dia menyampaikan ke Jokowi bahwa di tengah kondisi sulit namun tetap dapat berkah dari Tuhan.

"Itu di belakang kita, di bawah sana, ada komoditas baru yang membuat rakyat bisa makan, uang beredar. Apa itu? penggemar batu mulia," kata Wiranto.

JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani secara resmi membuka Batu Nusantara Show & Contest,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News