Agar Kasus Serupa Gayus Tambunan Tak Terulang, Begini Caranya...

Agar Kasus Serupa Gayus Tambunan Tak Terulang, Begini Caranya...
Gayus Tambunan. Foto: Dok. JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Soal Gayus HP Tambunan yang tertangkap kamera sedang bersantai di rumah makan merupakan persoalan integritas para petugas sipir lembaga permasyarakatan. 

Anggota Komisi III DPR Dwi Ria Latifah menyebut, idealnya petugas harus terdidik, terlatih untuk menjadi petugas yang punya kedisiplinan, integritas. 

"Bukan sekedar menerima pegawai asal. Cukup lewat online, atau memenuhi syarat untuk menjadi pegawai,” kata Ria dalam diskusi "Bebas Lepas di Lapas” di Cikini, Jakarta, Sabtu (26/9).

Ria menjelaskan, yang paling penting adalah kebijakan dari Menteri Hukum dan HAM, Dirjen Lembaga Permasyarakatan, hingga Kepala Lapas. Para pimpinan juga harus bisa memberikan contoh bagi bawahannya.

"Jadi saya ingin katakan kalau seandainya dari atas katakan stop. Sama sekali tidak ada privilage untuk siapapun. Dan kemudian Dirjen Lapas terjemahkan yang sama, sampai Kalapas juga begitu. Kalapas juga tidak buka ruang untuk hak spesial di luar prosedur hukum. Saya rasa semua berjalan baik. Kalau sedikit dibuka ruang hubungan emosional, alasan pemaaf, ditambah ada gratifikasi jadi dia seperti ini,” papar Ria.

Sekadar mengingatkan, Gayus keluar dari Lapas Sukamiskin pada 9 September 2015 dengan alibi untuk menghadiri sidang perceraian di Pengadilan Jakarta Utara. (gil/jpnn)


JAKARTA - Soal Gayus HP Tambunan yang tertangkap kamera sedang bersantai di rumah makan merupakan persoalan integritas para petugas sipir lembaga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News