Helikopter Chinook yang Dikirim Singapura Tangani Karhutla Sumatera, Ini Kemampuannya

Helikopter Chinook yang Dikirim Singapura Tangani Karhutla Sumatera, Ini Kemampuannya
Helikopter jenis Chinook milik Tentera Udara Republik Singapura (RSAF) serta 34 anggota tim diterjunkan untuk membantu memadam kebakaran hutan di Sumatera, Indonesia. Foto: AFP

jpnn.com - SINGAPURA - Singapura langsung mengirimkan sebuah helikopter jenis Chinook milik Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF), setelah Indonesia setuju menerima tawaran bantuan luar negeri untuk mengatasi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Indonesia. 

Bersamaan dengan itu, Singapura juga menerjunkan sebanyak 34 anggota tim untuk membantu pemadaman kebakaran hutan di wilayah Sumatera dan Kalimantan di Indonesia.

Pemerintah Singapura mengatakan, pasukan Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) itu diiringi oleh enam anggota Tim Bantuan Bencana dan Penyelamatan (DART) dari Angkatan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF).

Ia mengatakan helikopter Chinook itu, yang dilengkapi ember dengan muatan 5.000 liter air, berangkat dari Pangkalan Udara Sembawang pada pukul 12.30 siang.

Selain itu, dua pesawat RSAF jenis C-130 juga berangkat dari pangkalan tersebut dengan membawa anggota SAF dan SCDF serta peralatan dalam operasi bantuan tersebut.

Panglima RSAF, Mayor Jenderal Hoo Cher Mou turut berada di pangkalan udara itu untuk mengucapkan selamat jalan kepada tim bantuan itu. (Bernama/ray/jpnn)


SINGAPURA - Singapura langsung mengirimkan sebuah helikopter jenis Chinook milik Angkatan Udara Republik Singapura (RSAF), setelah Indonesia setuju


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News