Hiii, Penyakit Kelamin Ternyata Bisa Sebabkan Keguguran

Hiii, Penyakit Kelamin Ternyata Bisa Sebabkan Keguguran
Ibu hamil biasanya merawat janin dengan cinta. Wajib mewaspadai beberapa potensi keguguran. Foto: Pixabay.com

jpnn.com - Ada baiknya Anda mengetahui apa saja faktor penyebab keguguran.  Biasanya, keguguran terjadi pada trisemester pertama kehamilan. Risiko keguguran pada setiap wanita hamil mencapai sekitar 21 persen dan akan semakin mengecil saat usia janin telah memasuki trisemester dua dan tiga.

Sayangnya, tidak ada seorangpun yang mampu mencegah datangnya keguguran. Hal tersebut terjadi karena sejatinya tubuh secara alami menolak kehamilan yang tengah Anda jalani.

Berikut ini faktor penyebab keguguran.

1. Kelainan genetik atau kromosom

Sekitar setengah dari keguguran terjadi secara sporadis. Biasanya karena kelainan kromosom seperti down syndrom, cystic fibrosis atau sindrom Turner.

"Ada sistem internal yang jika kromosom serba salah, sistem tahu untuk mematikan dirinya," kata pediatri genetika, Dr. Susan Gross, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (25/10).

Dokter biasanya meminta Anda untuk menjalani tes identifikasi sumber keguguran. Jika keguguran karena genetik, konselor genetik atau spesialis kedokteran ibu-janin bisa memprediksi kapan terjadi lagi.

2. Sperma fragmentasi DNA

Ada baiknya Anda mengetahui apa saja faktor penyebab keguguran.  Biasanya, keguguran terjadi pada trisemester pertama kehamilan. Risiko keguguran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News