Kerahkan Dua Pertiga Kekuatan untuk Ops Liong Kapuas

Kerahkan Dua Pertiga Kekuatan untuk Ops Liong Kapuas
Ilustrasi. Foto: dok jpnn

jpnn.com - PONTIANAK – Demi pengamanan Imlek dan Cap Go Meh (CGM), Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat (Kalbar) meningkatkan kesiagaan. Tidak tanggung-tanggung, duapertiga kekuatan ditambah unsur TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) akan dikerahkan mulai hari ini, Minggu (7/2). 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Polda (Kapolda) Kalbar Brigjen Pol Arief Sulistyanto, saat gelar pasukan Ops Liong Kapuas 2016 di Taman Alun-Alun Kapuas, kemarin. Diungkapkan Arief, yang menjadi fokus dan kewaspadaan mereka adalah masalah-masalah yang berkaitan dengan terorisme. 

"Saya tidak tidak bisa mengatakan wilayah saya aman. Semua saya perintahkan untuk mewaspadai ini (teror, Red). Karena teror itu bisa terjadi di mana saja, dan sasarannya apa saja," tegas Kapolda. 

Untuk menciptakan rasa aman dan antisipasi aksi terorisme, Polda pun melakukan sterilisasi tempat yang menjadi lokasi penting, yang digunakan untuk kegiatan masyarakat selama Imlek dan CGM berlangsung. Di samping itu, mereka juga menempatkan petugas kepolisian bersama dengan unsur masyarakat pada titik-titik tertentu. 

"Seperti yang kita tahu, ada beberapa even. Mulai perayaan Imlek hingga Cap Go Meh nanti. Di Kalbar setidaknya ada 1.200 vihara dan kelenteng, meskipun tidak semua dijaga, tapi saya perintahkan untuk waspada. Karena tujuan aksi teror untuk menciptakan ketakutan di tengah masyarakat," paparnya.

Dijelaskan Arief, Operasi Liong Kapuas 2016 akan  berlangsung selama 14 hari. Mereka memulainya sejak 6 Februari hingga 25 Februari. Sementara penempatan pos pengamanan, lanjut Arief, disesuaikan dengan kegiatan masyarakat. Seperti di Kota Pontianak, dimisalkan dia, ada wisata kuliner dan di Kota Singkawang ada pawai tatung, yang tentunya akan menyerap pengunjung yang cukup besar. 

"Kekuatan kita fokuskan di titik itu. Sedangkan polres-polres lain melakukan kegiatan imbangan, karena tidak semuanya melakukan kegiatan Imlek dalam kapasitas yang besar," katanya. 

Meski saat ini situasi kamtibmas di Kalbar dalam keadaan kondusif, namun Kapolda mengingatkan semua pihak untuk tidak boleh lengah. "Untuk itu saya perintahkan aparat Polri untuk meningkatkan kewaspadaan, karena berbagai bentuk ancaman baik di Kalbar maupun di luar Kalbar harus diantisipasi,” tegasnya.

PONTIANAK – Demi pengamanan Imlek dan Cap Go Meh (CGM), Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Barat (Kalbar) meningkatkan kesiagaan. Tidak tanggung-tanggung,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News