Pak Bupati dan Wakilnya Nyaris Tertipu Wartawan Palsu

Pak Bupati dan Wakilnya Nyaris Tertipu Wartawan Palsu
Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo. Foto: Radar Jogja/JPG

jpnn.com - KULONPROGO - Modus penipu untuk mengelabui korbannya makin beragam. Sasarannya pun tak tanggung-tanggung, bupati dan wakilnya.

Itulah yang terjadi di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo dan wakilnya, Sutedjo nyaris menjadi korban penipuan oleh seseorang yang mengaku bernama Kusno dan berprofesi sebagai wartawan.

Modus yang digunakan adalah meminta sejumlah uang. Oknum penipu itu berdalih ada rekannya sesama wartawan yang sedang sakit dan diopname.

Sebagaimana dikutip Radar Jogja (Jawa Pos Group), Hasto mengatakan, pada mulanya ia menerima telepon dari seseorang bernama Kusno yang mengaku salah satu wartawan di DIY. Menurut Hasto, dalam pembicaraan per telepon itu Kusno meminta bantuan dana untuk membantu rekannya, Didik Purwanto yang sakit dan butuh penanganan medis.

Namun, Hasto mengabaikan permintaan Kusno karena memang tak begitu mengenalnya. Hanya saja Kusno tak berhenti untuk meminta uang ke Hasto.

Kusno bahkan memaki sang bupati melalui layana pesna singkat. “Ini ada miscall hingga 25 kali, dan sempat SMS dengan kata-kata kotor,” kata Hasto.

Selanjutnya Hasto berkoordinasi dengan anak buahnya di bagian humas dan wartawan di lingkungan Pemkab Kulonprogo. Dari situlah Hasto yahu bahwa sebenarnya tidak ada wartawan yang sakit.

Sedangkan Kusno yang namanya dicatut untuk meminta uang ternyata tak pernah menghubungi Hasto. “Selama ini tidak pernah ada yang berani minta, kok malah meneror,” tegas Hasto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News