Simak Skenario Polda Urai Kemacetan Saat Long Weekend

Simak Skenario Polda Urai Kemacetan Saat Long Weekend
Kemacetan di Tol saat long weekend. dok Jawa Pos


JAKARTA - Memasuki libur panjang yang jatuh pada Jumat hingga Minggu, 25-27 Maret 2016, aparat Polda Metro Jaya menerapkan skenario lalu lintas guna meminimalisir kemacetan.

‎Mengingat volume kendaraan pada jalan lintas nasional dan tol Jabodetabek akan meningkat saat libur tiba. Belum lagi tempat obyek wisata seperti Puncak, Bogor, yang kerap menjadi langganan kemacetan. Ditambah lagi, umat kristiani memperingati wafatnya Isa Almasih yang jatuh pada hari Jumat.

Kasubdit Bidang Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, pihaknya telah menyiapkan ‎sejumlah skenario pada lalu lintas. Antara lain melakukan rekayasa lalu lintas di seluruh jalan nasional dan tol Jabodetabek, melarang kendaraan jenis berat beropasi sebelum pukul 22.00 WIB, dan melarang kendaraan berhenti di bahu jalan terutama di rest area.

Sementara, masih ada beberapa langkah kongkrit kepolisian guna mengurai kemacetan. Dijelaskan Budiyanto, jika kemacetan sudah mencapai 5 kilometer di gerbang tol, maka pihaknya akan menerapkan sistem jemput kartu. "Kami juga akan lakukan buka tutup di rest area," tambahnya.

‎Lalu, jika volume kendaraan membludak di jalan tol, maka pihaknya akan mengalihkan sebagian kendaraan ke jalan arteri.

‎"Semua tenaga akan kami kerahkan. Operasi ini akan melibatkan Polri, Dishub, Satpol PP , Jasa Marga dan pemangku kepentingan lainnya," tandas Budiyanto. (Mg4/jpnn)


JAKARTA - Memasuki libur panjang yang jatuh pada Jumat hingga Minggu, 25-27 Maret 2016, aparat Polda Metro Jaya menerapkan skenario lalu lintas guna


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News