Maaf Ya, Mendagri Tak Terbitkan SK untuk Wabup Terpidana

Maaf Ya, Mendagri Tak Terbitkan SK untuk Wabup Terpidana
Amran Sinaga. Foto: dok. Metrosiantar

jpnn.com - JAKARTA - ‎Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi dipastikan hanya akan melantik JR Saragih sebagai Bupati Simalungun, dalam waktu dekat. Pelantikan tidak akan diikuti pengesahan wakil bupati terpilih Amran Sinaga, karena telah berstatus sebagai narapidana.

"Kami sudah menerima usulan pelantikan. Untuk Simalungun hanya untuk bupati terpilih, tanpa wakil bupati," ujar Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri Sumarsono saat dihubungi JPNN, Rabu (30/3).

Menurut Sumarsono, pihaknya kini tengah memproses usulan tersebut. Sehingga bisa segera ditandatangani Mendagri dalam waktu dekat. 

"Untuk wakil bupati belum diproses, karena yang sebelumnya terpilih dari hasil pilkada telah berstatus terpidana. Karena itu nanti ada mekanismenya lagi untuk (pemilihan,red) wakil bupati," ujar Sumarsono.

Sebelumnya, Sekretaris Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (Sesditjen) Kemendagri Anselmus Tan membuka kemungkinan SK JR Saragih sudah terbit pekan mendatang. Hal tersebut menyusul telah diterimanya surat usulan pelantikan dari Plt Gubsu Tengku Erry Nuradi.

"Kini sedang kami proses, mudah-mudahan minggu depan SK-nya sudah ditandatangani pak menteri (Mendagri Tjahjo Kumolo,red)," ujar Ansel.

Selain Simalungun, Kemendagri kata Ansel, juga sudah menerima surat usulan pelantikan pasangan terpilih bupati Karo dan wali kota Gunung Sitoli. Meski sedikit terlambat, setidaknya usulan itu memberi kepastian kepemimpinan yang defenitif. Pasalnya,  akhir masa jabatan (AMJ) Bupati Karo periode 2011-2016, diketahui terhitung sejak 25 Maret lalu. Sementara Gunung Sitoli 13 April mendatang. Sedangkan untuk Simalungun sudah berakhir ‎sejak 25 Oktober 2015 lalu.

Selain tiga daerah tersebut, Ansel sebelumnya juga meminta Tengku Erry segera mengusulkan ‎pelantikan tiga daerah lain di Sumut yang AMJ-nya April ini. Masing-masing Nias Barat (13 April 2016). Nias Utara (12 April 2016) dan Nias Selatan (12 April).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News