Sstt...Komjen Buwas Punya Kostum Menyamar

Sstt...Komjen Buwas Punya Kostum Menyamar
Komjen Budi Waseso. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SAAT awal menduduki kursi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Waseso langsung menggulirkan ide membangun penjara yang dijaga buaya. 

Nah, ternyata gagasannya itu tidak jauh dengan hobinya sejak kecil. 

Buwas –sapaan Budi Waseso– sejak kecil memang hobi berburu binatang buas. Tak tanggung-tanggung, Buwas memiliki berbagai perlengkapan berburu, mulai senjata hingga kostum menyamar. 

’’Ada belasan senjata berburu yang saya koleksi. Ada juga kostum menyamar agar saat berburu saya tidak terlihat hewan buruan,’’ tutur Buwas.

Dia belajar berburu dari almarhum ayahnya yang juga anggota Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD atau kini Kopassus) Kolonel (pur) Dangir Marwoto. 

’’Sejak kelas III SD, saya diajak berburu,’’ papar jenderal polisi bintang tiga tersebut.

Hewan buruan yang sering diincarnya adalah babi hutan. Menurut Buwas, babi hutan merupakan hama bagi petani sehingga boleh diburu. ’’Saya tidak memburu hewan yang dilindungi. Hanya hama,’’ ujar alumnus Akpol 1984 tersebut.

Buwas menjelaskan, berburu tidak hanya membutuhkan senjata, tetapi juga kendaraan berburu seperti Jeep.

SAAT awal menduduki kursi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Waseso langsung menggulirkan ide membangun penjara yang dijaga buaya. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News