Lebih Mudah Belajar Bahasa Spanyol

Lebih Mudah Belajar Bahasa Spanyol
Roberto Bala dan murid-muridnya. Foto: Mesya Muhammad/JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Bahasa Indonesia ternyata termasuk salah satu bahasa paling sulit dipahami dan dipelajari. Selain gramernya yang sulit, bahasanya pun ‎sangat beragam.

"Untuk belajar dan memahami Bahasa Indonesia butuh waktu panjang. Sedangkan belajar Bahasa Spanyol, dua tahun sudah tingkat mahir dan bisa jadi penerjemah," kata Roberto Bala, pengajar di Lembaga Budaya Pusat Bahasa Universitas Trisakti (Usakti) dalam acara gathering pecinta bahasa dan budaya Spanyol-Amerika Latin, Sabtu (30/4).

Mudahnya belajar Bahasa Spanyol juga diakui Iqbal, mahasiswa FKIP Jurusan Olahraga asal Aceh dan Leya mahasiswi  London International School. 

Menurut kedua mahasiswa yang sudah mahir berbahasa Spanyol ini, mempelajari Bahasa Indonesia lebih sulit karena terlalu banyak gramernya. Berbeda dengan Bahasa Spanyo yang struktur bahasanya lebih simpel.

"Teman-teman saya yang dari luar negeri, tidak ada yang belajar Bahasa Indonesia. Menurut mereka, Bahasa Indonesia itu sulit dipahami. Selain itu Bahasa Indonesia kurang dikenal juga," ujar Leya.

Sedangkan Iqbal yang lama tinggal di Paraguay mengaku, bisa mahir berbahasa Spanyol hanya dalam tempo enam bulan. Awalnya, dirasakan sulit setelah dipelajari gramernya ternyata sangat mudah. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News