Pengamat: EgyptAir Jatuh Bukan karena Teroris, tapi..

Pengamat: EgyptAir Jatuh Bukan karena Teroris, tapi..
Ilustrasi: Foto: reuters

jpnn.com - SPEKULASI penyebab jatuhnya EgyptAir MS804 masih beragam. Terbaru, pesawat yang bertolak dari Paris menuju Kairo itu diduga terbakar di udara.

Sebelum insiden nahas itu terjadi, EgyptAir MS804 sempat mengirim peringatan yang menunjukkan bahwa terdapat asap dan terdeteksi panas di jendela dekat kopilot dan di toilet yang berada di belakang kokpit.

Dikutip dari Reuters, Minggu (22/5), salah seorang pengamat penerbangan menjelaskan, data tersebut dikirimkan dalam periode satu hingga dua menit. Kemungkinan kebakaran itu merusak sistem komunikasi pesawat, sehingga tidak mampu mengirim sinyal darurat sebelum akhirnya hilang dari radar.

"Jika terjadi kebakaran di kabin pesawat, maka itu ada di dekat kokpit. Bisa saja itu adalah kesalahan mekanis, arus pendek, atau benda terbakar," terangnya.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa penyebab jatuhnya EgyptAir MS804 bukan karena ulah teroris. Pasalnya, data yang sempat dikirim dari pesawat terjadi dalam rentang waktu satu hingga dua menit, sehingga dugaan pengeboman menjadi tidak mungkin.

"Karakter bom, ledakan akan merusak kulit pesawat. Namun ini bukan indikasi apa yang terjadi, karena bom akan terjadi dengan cepat, sedangkan laporan ini berlangsung selama dua menit," jelas pengamat penerbangan tersebut.

Selain itu, hingga saat ini juga belum ada kelompok militan yang mengaku berada di balik peristiwa itu. Padahal, biasanya militan atau kelompok teror akan bangga mengakui perbuatan jahat mereka.

Meski demikian, hal tersebut tentu masih dugaan. Untuk mendapat kepastian mengenai jatuhnya pesawat berpenumbang 66 orang termasuk kru itu harus menunggu ditemukannya kotak hitam.

SPEKULASI penyebab jatuhnya EgyptAir MS804 masih beragam. Terbaru, pesawat yang bertolak dari Paris menuju Kairo itu diduga terbakar di udara. Sebelum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News