Politikus PDIP: Importir Daging Wajib Lakukan Ini

Politikus PDIP: Importir Daging Wajib Lakukan Ini
ILUSTRASI. FOTO: JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR, Mindo Sianipar menyarankan pemerintah untuk mewajibkan setiap importir ikut bertanggungjawab terhadap peningkatan produktifitas pangan dan pertanian di Indonesia. Caranya, menurut Mindo, setiap importir daging sapi misalnya, diwajibkan dalam setiap kuota impornya menyertai sapi bakalan.

"Setiap kuota impor daging sapi yang diberikan pemerintah kepada importir harus disertai dengan kewajiban memasukan sapi bakalan dan sapi betina ke Indonesia," kata Mindo, kepada wartawan, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Jumat (10/6).

Dengan adanya kewajiban importir daging memasukan sapi bakalan dan sapi betina maka berikutnya pasti akan berkurang jumlah kuotanya karena sapi bakalan milik importir sudah layak konsumsi dan itu cukup membantu kebutuhan daging dalam negeri.

Prasyarat impor tersebut menurut aggota Komisi IV DPR itu, juga bisa diberlakukan bagi importir pertanian lainnya seperti bawang putih dan bawang merah. Kalau Kementerian Pertanian berpihak ke petani Indonesia ujar dia, kinerja importir harus dikaitkan dengan kinerjanya secara berkala memproduksi bawang.

"Untuk setiap kuota impor bawang yang diperoleh, maka importir wajib menyediakan lahan pertanian bawang dan memberi pekerjaan petani setempat untuk mengolah lahan," sarannya.

Selama ini, lanjutnya, para importir sama sekali tidak diberi tanggung jawab untuk penguatan produksi dalam negeri.

"Sudah terlalu lama para importir daging sapi dibiarkan mencari laba tanpa ada tanggung jawab meningkatkan produksi daging dapi dalam negeri," jelasnya.

Anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Timur VIII ini memahami, bahwa mengajak para importir untuk ambil bagian dalam pembangunan pangan nasional bukan pekerjaan mudah karena orientasi importir daging sapi selama ini hanya mencari untung.

JAKARTA - Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR, Mindo Sianipar menyarankan pemerintah untuk mewajibkan setiap importir ikut bertanggungjawab terhadap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News