Tragis! Gadis Peraih Nilai UN Tertinggi Dijebloskan ke Penjara

Tragis! Gadis Peraih Nilai UN Tertinggi Dijebloskan ke Penjara
Ruby Rai digelandang petugas. Foto: bbc.co.uk

jpnn.com - MUMBAI – Nasib tragis dialami Ruby Rai.  Perempuan 17 tahun itu tertunduk lesu, tidak bisa menyembunyikan kesedihannya. 

Mengenakan kaus merah muda, remaja yang sempat dinobatkan sebagai pelajar dengan nilai ujian nasional tertinggi di Bihar, India, itu menurut ketika dibawa petugas ke sel. 

Dia dipenjara karena rekamannya yang menyebut politik sebagai ilmu memasak diunggah ke dunia maya dan menjadi viral.

Video itu mungkin lucu jika yang mengatakannya bocah taman kanak-kanak. Masalahnya, Rai adalah pemegang peringkat pertama dalam ujian nasional di Bihar.

Semua orang pun mempertanyakan bagaimana pelajar kelas XII jurusan seni itu bisa mendapat nilai yang nyaris sempurna. Ternyata, Rai tidak sendiri. Ada beberapa nama peringkat teratas yang juga dicurigai curang.

Bihar School Education Board (BSEB) pun mengetes ulang Rai. Benar saja. Ketika diminta menulis esai tentang Tulsidas, sastrawan di India, cewek berambut panjang itu hanya menulis dua kata, Tulsidas ji pranam alias Tulsidas hebat. 

Hasil serupa ditunjukkan pemegang peringkat tertinggi jurusan sains, Saurabh Shrestha. Dia tidak bisa menyebutkan bahwa H2O adalah rumus untuk air.

’’Saya tidak tahu bagaimana saya bisa dapat nilai tertinggi,’’ kata Rai sebagaimana dikutip Hindustan Times kemarin. Yang pasti, dia dan kepala sekolah tempatnya belajar masih memiliki hubungan kerabat. 

MUMBAI – Nasib tragis dialami Ruby Rai.  Perempuan 17 tahun itu tertunduk lesu, tidak bisa menyembunyikan kesedihannya.  Mengenakan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News